visitaaponce.com

Jawa Barat Bangun Jatinangor sebagai Kota Digital

Jawa Barat Bangun Jatinangor sebagai Kota Digital
Ilustrasi.(MI.RAMDANI)

JAWA Barat berupaya membangun Jatinangor, di Kabupaten Sumedang, sebagai kota pengetahuan digital atau City of Digital Knowledge. Untuk itu, pemerintah provinsi mematangkannya dengan meminta masukan dari sejumlah praktisi, akademisi, dunia usaha dan pemerintahan.

Upaya terkini digelar di Kabupaten Badung, Bali, Selasa (21/5) malam. Sekretaris Daerah Herman Suyatman meminta masukan dari praktisi, akademisi teknologi digital, dunia usaha mancanegara, dan pemerintahan.

Pertemuan tersebut bertajuk Business to Government (B2G) Sunset Networking: Sustainable Collaboration yang digelar di kawasan Jimbaran Hub.

Baca juga : Jawa Barat Bangun Jatinangor sebagai Kota Digital

"Banyak wawasan baru yang kami peroleh dari Bappenas, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, praktisi, akademisi, dunia usaha, juga Direktur FabLab Barcelona," ujar Herman.

Dalam pertemuan itu, Herman memaparkan tentang upaya membangun sebuah kota agar masyarakatnya sejahtera dan berkelanjutan. "Kunci utama untuk mewujudkannya bukan semata kapasitas teknologi digital tetapi perlu kolaborasi, nyali, dan aksi dari para pemangku kepentingan."

Pembangunan Jatinangor, City of Digital Knowledge, fokus utamanya adalah pengembangan industri pengetahuan dari sektor manufaktur atau industri tradisional. Selain itu juga menekankan pada penciptaan komunitas yang mandiri dengan literasi digital yang kuat.

Herman mengatakan, pembangunan Jatinangor City of Digital Knowledge membutuhkan dukungan startup teknologi, kolaborasi dan hub inovasi, blended finance, dan pemanfaatan sumber daya efisien.

"Kolaborasi dan sharing ilmu sangat penting terkait bagaimana kita membangun kota cerdas berkelanjutan dengan piloting smart city yang sedang kita create adalah Jatinangor, City of Digital Knowledge," kata Herman. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat