visitaaponce.com

Jelang Idul Adha, Peternak Sapi di Cirebon Kebanjiran Pesanan

Jelang Idul Adha, Peternak Sapi di Cirebon Kebanjiran Pesanan
Ilustrasi sapi kurban.(MI/SUSANTO)

KELOMPOK ternak sapi kebanjiran pemesanan jelang Idul Adha 2024. Pembelian sapi bahkan sudah dilakukan sejak bulan lalu.

Ramainya pembelian sapi dialami oleh Kelompok Tani Ternak Sapi (KTTS) Padusan, Desa Kubang, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon. "Dari total 200 ekor sapi kini tinggal 10 ekor yang belum terjual," tutur Yuwenda, seorang anggota KTTS Padusan, Rabu (5/6).

Untuk harga jual, lanjut Yuwenda pun beragam, mulai dari Rp25 juta per ekor hingga Rp83 juta per ekor. Sedangkan untuk sapi yang belum laku terjual berkisar Rp55 juta hingga Rp60 juta per ekor.

Baca juga : Mencegah Gangguan Kesehatan Selama Idul Adha dengan Telemedisin

"Untuk pemesanan sapi sudah dilakukan jauh-jauh hari," tutur Yuwenda. 

Kebanyakan pemesanan sapi dilakukan pada Mei lalu namun ada pula yang dipesan usai Idul Fitri lalu. Sapi yang sudah dibeli ada yang langsung dikirim namun ada pula yang dititipkan dulu di peternakan mereka dan baru akan dikirim sehari sebelum Idul Adha.

Sekali pun nyaris terjual semua Yuwenda menjelaskan pembelian tahun lalu lebih tinggi dibandingkan tahun ini. "Tahun lalu sampai 300 ekor yang terjual," tutur Yuwenda.

Mengenai kesehatan sapi yang mereka jual, Yuwenda menjelaskan mereka sudah mendapatkan kunjungan dari Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon. Petugas kesehatan hewan langsung memeriksa sapi yang dijual dan kondisi sapi dinyatakan sehat. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat