visitaaponce.com

Desa Wisata Cibeureum di Ciamis Dirancang Jadi Destinasi Wisata Premium

Desa Wisata Cibeureum di Ciamis Dirancang Jadi Destinasi Wisata Premium
Mini Ranch Sapi Pasundan, destinasi wisata berupa peternakan di Ciamis Jawa Barat.(Dok. YouTube Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis)

JAWA Barat berupaya menggali dan meningkatkan potensi wisata di wilayahnya. Salah satunya menyasar pengembangan sejumlah desa wisata. Tahun ini, Dinas Pariwisata Jawa Barat melakukan pengembangan Desa Wisata Cibeureum di Kabupaten Ciamis, yang didorong menjadi salah satu objek wisata kelas premium.

Desa Wisata Cibeureum berada di Kecamatan Sukamantri sekitar 1,5 jam perjalanan dari pusat kota Ciamis. Desa ini terletak di dataran tinggi yang dikelilingi pemandangan alam yang sangat menakjubkan.

Beberapa daya tarik wisata di lokasi ini di antaranya ialah Situs Batu Panjang, Curug Cicekong, dan Bumi Perkemahan Werkit. Wisatawan juga bisa mengunjungi Mini Ranch Sapi Pasundan, sebuah peternakan yang terintegrasi dengan pengembangan pariwisata agropolitan.

Baca juga : Sumedang Berhasil Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem

Di tempat itu, wisatawan dapat berinteraksi dengan kawanan sapi yang dilepasliarkan. Mirip suasana peternakan sapi di Selandia Baru.

"Potensi wisata di wilayah Ciamis bagian utara ini sangat besar. Perlu komitmen bersama antara pemerintah desa, kecamatan, kabupaten, provinsi dan pemerintah pusat untuk membuat desa ini menjadi wisata premium," ujar Kepala Dinas Pariwisata Jawa Barat Benny Bachtiar.

Untuk mengembangkan kawasan ini, Dinas Pariwisata Jawa Barat sudah menggelar rembug lintas sektoral. Dinas Pariwisata Jawa Barat dan Dinas Pariwisata Ciamis sepakat mengembangkan Desa Wisata Cibeureum.

Baca juga : Sumedang Libatkan Mahasiswa Tangani Kasus Stunting

Menurut Benny, desa wisata dapat menjadi salah satu kunci perekonomian bagi masyarakat. Untuk itu, perlu strategi dalam mengoptimalisasikan potensi wisata yang ada di Desa Cibeureum. Salah satunya sosialisasi dengan warga agar bersinergi menciptakan suasana nyaman untuk wisatawan.

“Keterlibatan warga lokal juga penting. Mereka harus siap bantu agar wisatawan nyaman di sini. Kita perlu sosialisasikan pentingnya hospitality, sehingga wisatawan akan memiliki kesan yang baik ketika datang ke Kabupaten Ciamis,” tambah Benny.

Ke depan, pihaknya akan melakukan penataan sarana prasarana termasuk pengelolaan toilet bersih. Selain itu, masyarakat juga dilibatkan dalam pengelolaan sampah.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat