visitaaponce.com

Sebanyak 3.700 Telur Ayam Berdiri di Festival Pasir Padi Pangkalpinang

Sebanyak 3.700 Telur Ayam Berdiri di Festival Pasir Padi Pangkalpinang
Rangkaian perayaan Peh Cun atau Hari Bakcang di Festival Pasir Padi setahun sekali setiap penanggalan Cina tanggal 5 bulan 5.(MI/Rendy Ferdiansyah)

TUMPUKAN telur ayam mentah tersusun rapi pada wadah di atas trotoar jalan di destinasi wisata Pantai Pasir Padi Pangkalpinang. Provinsi Bangka Belitung (Babel)

Saat sinar matahari begitu terik sekitar pukul 11.00 WIB, satu persatu telur ayam diambil dari wadahnya.

Jangan salah, telur telur itu diambil bukan untuk dimasak, melainkan didirikan. Untuk mendirikan telur, butuh kesabaran, kendati saat itu telur akan tetap berdiri karena ada gaya gratifikasi matahari dan bumi.

Baca juga : Yuk, Berkunjung ke Pantai Pasir Padi Pangkalpinang, Bisa Ikut Lomba Makan Otak-otak

Suasana itu, terekam dalam perayaan Peh Cun atau Hari Bakcang di Festival Pasir Padi setahun sekali setiap penanggalan Cina tanggal 5 bulan 5.

Tahun ini, setidaknya ada 3700 telur ayam yang didirikan ribuan peserta sejak pukul 11.00WIB hingga pukul 13.00WIB. setelah itu telur akan jatuh dan tidak bisa didirikan lagi.

Kepala dinas Pariwisata Provinsi Bangka Belitung (Babel) Widya Kemala Sari mengatakan Festival Pasir Padi ini merupakan upaya untuk mempromosikan budaya dan pariwisata di Babel khususnya di kota Pangkalpinang.

Baca juga : Kebumen Bangun Ikon Wisata Baru Senilai Rp180 Miliar

"Ada beragam festival, sejak Minggu kemarin seperti Festival Seroja, UMKM, Mendirikan Telur, lomba Makan Otak otak dan lomba Barongsai," kata Widya. Senin (10/6).

Antusias masyarakat yang datang untuk menyaksikan festival ini menurut luar biasa, hingga terjadi kemacetan di destinasi wisata Pantai pasir padi,"Menjadi daya tarik masyarakat, karena mereka antusias sekali,"ujarnya.

Ia mengaku mendirikan telur ini hanya ada saat perayaan Peh Cun setahun sekali pada penanggalan cina. Dimana sekitar pukul 11-00Wib hingga 13-00wib ada gaya gratifikasi matahari dan bumi sehingga telur bisa berdiri.

Baca juga : Kompleks One Stop Shopping IDD Kian Melengkapi Kawasan PIK 2

"Tema Festival Pasir padi tahun ini tergolong unik Tong Ngin Fan Ngin Jit Jong artinya Cina Melayu sama saja,"ungkapnya

Sementara PJ Walikota Pangkalpinang Lustje Anneke Tabalujan mengatakan, telur ayam ini bisa berdiri hanya pada penangggalan cina tanggal 5 bulan 5.

"Kebetulan penanggalan cina tepat pada hari Senin, jadi sekitar pukul 11.00WIB telur bisa berdiri, ini tradisi yang harus tetap di jaga untuk promosi budaya Pangkalpinang,"katanya.

Baca juga : Aloha PIK, Destinasi Kuliner Tematik Tepi Laut Bernuansa Hawaii dengan Kearifan Lokal

Ia mengaku, kendati telur bisa berdiri, tapi dirinya sudah mencoba dan gagal, karena tidak satu pun yang bisa di dirikannya.

"Ada yang bisa mendirikan sampai 3 hingga 4 telur, tapi saya tidak bisa sama sekali,"ujarnya.

Ia menambahkan tahun ini ada 70 kelompok yang mendirikan telur, terdiri dari ASN, masyarakat umum dan pelajar. "Setiap kelompok 50 telur, kemudian Pemda siapkan 200 telur jadi totalnya ada 3700 telur,"ucapnya. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat