visitaaponce.com

Pemkot Semarang Akan Jadikan Tanggul Laut Menjadi Destinasi Wisata

Pemkot Semarang Akan Jadikan Tanggul Laut Menjadi Destinasi Wisata
Pemkot Semarang akan merevitaliasi kawasan sekitar tanggul laut untuk menjadikannya sebagai destinasi wisata.(Pemkot Semarang)

PEMERINTAH Kota Semarang berencana menjadikan tanggul laut (Sheet Pile) Semarang menjadi kawasan wisata. Kawasan Tambaklorok menjadi destinasi wisata bahari dengan melakukan revitalisasi.

Pemantauan Media Indonesia, Rabu (19/6), pembangunan tanggul laut mulai Pelabuhan Tanjung Emas ke arah timur Kota Semarang yang baru tercapai 85% dikebut, setelah Presiden Jokowi melakukan peninjauan pada Senin (17/6). Tanggul yang dihadapkan mengatasi banjir air laut pasang (rob) itu akan selesai pada Agustus mendatang.

"Sesuai arahan Presiden Jokowi, tanggul laut yang sedang dibangun ini tidak hanya menjadi penahan rob, tetapi juga menjadi destinasi wisata di Kota Semarang," kata Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Baca juga : Jokowi Berharap Tanggul Laut Semarang Dapat Menahan Rob Selama 30 Tahun

Guna menjadi destinasi wisata, Pemkot Semarang akan melakukan revitalisasi pasar tradisional dan perkampungan Tambaklorok yang selama ini menjadi kawasan langganan rob.

Selain itu, ungkap Hevearita, Pemerintah Kota Semarang akan mengajak tokoh masyarakat Tambaklorok untuk melihat Muarakarang, Jakarta agar dapat belajar bagaimana mengembangkan kawasan pesisir yang memberikan multiplier effect. 

"Kedatangan wisatawan akan berdampak langsung bagi warga sekitar," imbuhnya.

Revitalisasi kampung dan pasar tradisional Tambaklorok, demikian Hevearita, yakni dengan membangun ruang terbuka hijau, tempat pelelangan ikan dan prasarana lain untuk mendukung kawasan wisata bahari, akan dapat dimanfaatkan warga sekitar untuk menghidupkan perekonomian dengan kedatangan wisatawan.

"Senang rasanya jika banyak wisatawan dan warga dapat mengais rezeki seperti berdagang kerajinan, sovenir,  hasil ikan laut dan lainnya," ujarnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat