visitaaponce.com

Jokowi Pembangunan Tanggul Rob Tambaklorok Ditargetkan Selesai pada Agustus 2024

Jokowi: Pembangunan Tanggul Rob Tambaklorok Ditargetkan Selesai pada Agustus 2024
Presiden Joko Widodo menargetkan proyek tanggul pengendalian rob dan penataan kawasan Kampung Nelayan di Tambaklorok, selesai Agustus(Istimewa)

PRESIDEN RI Joko Widodo (Jokowi) menargetkan proyek tanggul pengendalian rob (luapan air laut) dan penataan kawasan Kampung Nelayan di Tambaklorok, Semarang selesai Agustus 2024.

"Panjang untuk tanggul rob sebesar 3,6 kilo meter. Saya kira dalam jangka 30 tahun minimal itu bisa menahan rob yang terjadi," kata Jokowi, Senin (17/6).

Pembangunan tanggul tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp 386 miliar.

Baca juga : Tinjau Pembangunan Tanggul Laut dan Drainase, Ganjar Ingatkan Kontraktor Soal Kualitas

Apabila proyek ini berhasil, maka akan dibangun replikasi ke daerah-daerah rawan rob lainnya. Sementara ini, tanggul rob Tambaklorok menjadi proyek percontohan bagi kawasan lainnya.

"Ini nanti kalau memang baik, penataan kampung nelayan baik, nanti akan kita bisa direplikasi, bisa dikopi ke daerah-daerah lain. Paling tidak ada contoh dulu," kata Jokowi.

Setelah tanggul rampung terbangun, kata dia, baru nanti akan terlihat efektivitas dari tanggul untuk menahan banjir rob.

"Ini kan baru dibangun, nanti kalau sudah rampung baru kelihatan efektivitasnya," kata Jokowi.

Sebelumnya pada pagi harinya, Presiden Jokowi melaksanakan salat Id Adha di Lapangan Simpang Lima, sebelah Masjid Baiturrahman, Semarang. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat