visitaaponce.com

Prodi Sosiologi UNJ Laksanakan Pengabdian Masyarakat di Kampung Nelayan Cilincing

Prodi Sosiologi UNJ Laksanakan Pengabdian Masyarakat di Kampung Nelayan Cilincing
Ilustrasi warga Kampung Nelayan, Cilincing, Jakarta Utara.(MI)

Tim Dosen dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari Prodi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta (UNJ), melaksanakan program pengabdian masyarakat di Kampung Baru Cilincing, Jakarta Utara.

Program tersebut fokus pada penanganan persoalan yang dihadapi masyarakat Kampung Nelayan Cilincing, Jakarta. Mulai dari masalah lingkungan, rendahnya literasi ekonomi, kesetaraan gender, hingga edukasi pentingnya pendidikan anak usia dini.

"Kita berharap masyarakat yang tergabung dalam kegiatan ini dapat mengoptimalkan pengolahan sampah, sehingga mereka dapat meningkatkan taraf kehidupan lingkungannya yang bersih, nyaman dan sehat," ujar tim dosen Marista Christina Shally Kabelen dalam keterangannya, Minggu (13/8).

Baca juga: Banyak Mahasiswa Terjerat Pinjol. Apa Kata Kemendikbud?

Dari segi pengelolaan keuangan, Ketua Pelaksana Abdul Rahman Hamid mendorong masyarakat setempat lebih terbuka kepada perbankan. Mereka diberikan pemahaman untuk tidak bergantung pada bank keliling yang dinilai memiliki risiko tinggi.

Selanjutnya, terkait pendidikan, tim pelaksana menyampaikan bahwa pendidikan anak usia dini berkontribusi besar pada perkembangan mental, pikiran dan sikap anak jangka panjang. Oleh sebab itu, masyarakat diharapkan bisa memfasilitasi pendidikan anak-anak mereka.

Baca juga: Fakultas Hukum UP Gelar Seminar Internasional Bahas Layanan Apostille

Kepala Kampung Baru Cilincing Zuhri mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Tim Dosen dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari Prodi Sosiologi UNJ. Ia berharap program serupa bisa berlanjut secara berkesinambungan.

"Sehingga kami dapat terus menjaga dan memotivasi diri kami akan pentingnya pendidikan, kebersihan, terutama sekali motivasi untuk maju," kata dia.

Pada akhir kegiatan,  Atik Kurniawati selaku perwakilan tim dosen mengatakan pengabdian masyarakat kolaborasi antara tim dosen dan mahasiswa merupakan bentuk pendampingan kampus yang dilakukan secara terencana dan berkelanjutan. Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat, diharapkan kelompok masyarakat yang menerima kegiatan kami dapat berdaya dan mampu meningkatkan kualitas hidup mereka. (RO/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat