visitaaponce.com

Akreditasi Internasional FIBAA, Komitmen UNJ Tingkatkan Mutu Pendidikan

Akreditasi Internasional FIBAA, Komitmen UNJ Tingkatkan Mutu Pendidikan
Visitasi dalam rangka asesmen akreditasi internasional(Dok UNJ)

LEMBAGA akreditasi internasional Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA) melakukan visitasi dalam rangka asesmen akreditasi internasional di Gedung Syafei, Kampus UNJ, Rawamangun, Jakarta Timur.

Pada kesempatan itu Rektor UNJ Prof Komarudin mengapresiasi pelaksanaan visitasi akreditasi oleh tim FIBAA.

Melalui keterangannya, Rektor UNJ Komarudin mengutarakan sejumlah pencapaian penting UNJ mulai peningkatan ranking universitas, sebagai kluster mandiri dalam kinerja riset, perolehan akreditasi unggul, peningkatan tata kelola jurnal, peningkatan jumlah publikasi nasional maupun internasional, peningkatan kualitas sarana dan prasaranan pendidikan, dan peningkatan pendaftaran HAKI diharapkan dapat menjadi modal akreditasi internasional dari FIBAA.

Baca juga : Bidik Akreditasi Internasional, PIP Semarang Dikunjungi Tim Ahli Aqas Jerman

“Saya yakin program studi ini sudah siap mengikuti asesmen visitasi FIBAA,” ungka[ Prof Komarudin dalam keterangan resmi, Sabtu (29/6).

FIBAA merupakan lembaga akreditasi Pendidikan Tinggi yang memiliki penilaian ketat untuk menjamin mutu pendidikan tinggi.

Menurut Dr. Faisal Madani selaku taskforce akreditasi internasional UNJ mengatakan akreditasi internasional ini bertujuan untuk mempromosikan kualitas transparansi dalam pendidikan dan sains dengan memberikan sertifikat kualitas kepada program pendidikan atau lembaga pendidikan dalam mencapai profesionalisme kelembagaan.

Baca juga : Prodi S2 Ilmu Kimia FMIPA UI Raih Akreditasi Internasional

Dikatakan pelaksanaan akreditasi internasional oleh FIBAA dilakukan dalam rangka peningkatan mutu baik dalam proses pembelajaran maupun asesmen.

“Akreditasi internasional akan berdampak pada peningkatan mutu lulusan kedepannya,” tukasnya

Faisal menjelaskan pendaftaran akreditasi internasional ini sejalan dengan visi UNJ menjadi kampus bereputasi di kawasan Asia.

Baca juga : Akreditasi Program Studi Kunci Bersaing Perguruan Tinggi Secara Global

Faisal menilai kesiapan UNJ mengikuti asesmen akreditas internasional ini sudah cukup matang. Terlebih , saat ini UNJ sudah punya sistem yang asesmen yang baik dalam beberapa sektor.

Ia mencontohkan adanya lembaga sistem penjaminan mutu (SPM) maupun pembentukan Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa (EDOM) yang merupakan bagian dari penjaminan mutu pendidikan.

“Jadi dalam hal ini akreditasi internasional ini ingin melihat bagaimana sebenarnnya quality improvement yang terjadi berdasarkan asesmen dari lembaga akreditasi FIBAA,” katanya.

Baca juga : 17 Prodi Pascasarjana dan 1 Prodi S1 UNJ Raih Akreditasi Internasional dari AQAS 

Selain FIBAA menurut Faisal lembaga akreditasi internasional yang sudah melakukan penilaian akreditasi kepada UNJ antara lain ialah Agency for Quality Assurance by Accreditation of Study (AQAS) di Pascasarjana dan The Accreditation Agency for Study Programs in Engineering, Informatics, Natural Sciences and Mathematics (ASIIN) di Fakultas Teknik dan MIPA.

Faisal mengungkapkan akreditas Internasional saat ini sudah menjadi keniscayaan oleh sebab adanya globalisasi pendidikan dan globalisi industri dan sekaligus sebagai upaya penguatan mutu pendidikan.

“Kalau kita sudah punya sertifikat akreditasi internasional maka bukan sertifikatnya yang kita perlukan melainkan feedback-nya itu yang berguna untuk memperbaiki proses kita sesuai standar mereka dari para ahli di FIBAA tersebut,” ungkapnya.

Faisal menyebutkan proses akreditasi dengan FIBAA telah terjalin sejak tahun 2023 hingga hari ini masih pada tahap visitasi. akan ada banyak proses yang harus dilalui UNJ kedepan untuk terus dilakukan penyempurnaan dan dilakukan monitoring.

“Setelah site visit tim FIBAA akan mengolah informasi dan menuliskan laporan penilaiannya kepada UNJ,” pungkasnya. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat