visitaaponce.com

KCIC Hari Ini Puncak Arus Balik Lebaran Penumpang Whoosh

KCIC: Hari Ini Puncak Arus Balik Lebaran Penumpang Whoosh
Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh, di Stasiun Halim, Jakarta.(Dok. MI/Adam Dwi)

GENERAL Manager Corporate Secretary Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Eva Chairunisa menyampaikan pada hari ini, Minggu (14/4) merupakan puncak arus balik Lebaran penumpang kereta cepat Jakarta-Badung, Whoosh. Diprediksi ada lonjakan pergerakan penumpang untuk kembali ke Jakarta dengan lebih dari 20 ribu orang.

Dari jumlah tersebut lonjakan penumpang terjadi untuk relasi Stasiun Tegalluar, Jawa Barat-Halim, Jakarta, atau relasi Stasiun Padalarang, Jawa Barat-Halim, Jakarta.

"Peningkatan penumpang mulai terlihat dan diprediksi hari ini menjadi puncak arus balik kereta cepat. Ini terlihat dari penjualan tiket Whooshh keberangkatan Minggu (14/4) sudah melebihi 17 ribu per Sabtu (13/4) malam" ujar Eva dalam keterangan resm, Minggu (14/4).

Baca juga : Libur Lebaran, Whoosh Tambah 12 Perjalanan

Adapun jam-jam favorit penumpang pada puncak arus balik ini mulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 20.30 WIB dengan okupansi di atas 90 %. Adapun untuk perjalanan di luar jam tersebut okupansinya sudah berada di 75%.

Untuk mengantisipasi tingginya minat masyarakat ini, KCIC melakukan penambahan perjalanan Whoosh sebanyak 30% menjadi 52 perjalanan per hari hingga 18 April 2024.

Eva mengimbau kepada penumpang untuk memperhitungkan waktu perjalanan menuju area stasiun kereta cepat, baik itu di stasiun Bandung, Padalarang ataupun Tegalluar. Mengingat di puncak arus balik rawan terjadi kemacetan di Jl Soekarno Hatta menuju Stasiun Tegalluar, Pintu Tol Pasteur menuju Stasiun Padalarang maupun jalan dalam kota menuju Stasiun Bandung.

Baca juga : KCIC Tambah 12 Perjalanan per Hari untuk Layani Angkutan Lebaran

"Kami imbau agar penumpang memperhitungkan waktu perjalanan agar tidak tertinggal kereta. Mengingat adanya peningkatan volume kendaraan sehingga menimbulkan kemacetan di ruas jalan menuju stasiun," lanjutnya

Eva menuturkan pada momen libur Lebaran kereta cepat pertama di Asia Tenggara itu menjadi salah satu moda favorit masyarakat yang akan beraktifitas ke Bandung dan sebaliknya. Peningkatan jumlah penumpang, kata Eva, terus terjadi sejak momen libur Lebaran untuk kegiatan bersilaturahmi keluarga dan berwisata.

(Z-9)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat