visitaaponce.com

Kementan Pantau Tingkat Produktivitas Kelapa Sawit

Kementan Pantau Tingkat Produktivitas Kelapa Sawit
Direktorat Jenderal Perkebunan Kementan gelar sosialisasi penilaian fisik kebun program peremajaan kelapa sawit pekebun di Pandeglang(Dok Kementan)

KEMENTERIAN Pertanian melalui Direktorat Jenderal Perkebunan gelar sosialisasi penilaian fisik kebun program peremajaan kelapa sawit pekebun di wilayah timur Pandeglang, beberapa waktu lalu. Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman untuk terus mendorong peningkatan produksi dan produktivitas kelapa sawit.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perkebunan (Dirjenbun), Andi Nur Alam Syah mengungkapkan penilaian fisik kebun merupakan salah satu cara untuk memonitor dan memastikan pelaksanaan pembangunan kebun kelapa sawit melalui kegiatan peremajaan sudah berjalan sesuai dengan Surat Edaran nomor 168/SE/KB.410/E/02/2024. 

"Surat Edaran dapat digunakan sebagai panduan bagi kepala dinas yang membidangi perkebunan di provinsi maupun di Kabupaten/kota, saat melakukan penilaian fisik kebun pada peremajaan kelapa sawit pekebun yang menggunakan pendanaan BPDPKS," jelas Andi mengutip keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Rabu (15/5). 

Baca juga : Tingkatkan Kualitas Hasil Panen, Kementan Latih Ratusan Petani Sawit di Sumsel

Andi Nur menekankan, penilaian fisik kebun ini memiliki indikator dan kriteria yang menjadi pedoman yang disesuaikan dengan aspek teknis budidaya kelapa sawit yang baik demi meningkatkan produktivitas tanaman kelapa sawit agar memenuhi standar yang diharapkan.

Sejalan dengan Dirjenbun, Direktur Tanaman Kelapa Sawit dan Aneka Palma, Ardi Praptono mengungkapkan, kegiatan sosialisasi ini akan dilakukan secara berjenjang mulai dari level pusat sampai level kabupaten menggunakan dana swakelola peremajaan kelapa sawit pekebun yang bersumber dari BPDPKS.

Ardi mengajak semua pihak yang terlibat dalam program peremajaan kelapa sawit untuk bersama-sama mewujudkan komitmen meningkatkan produksi dan produktivitas kebun kelapa sawit rakyat yang pada akhirnya memberikan peningkatan kesejahteraan pekebun kelapa sawit.

“Semoga semua langkah yang kita lakukan dalam akselerasi program peremajaan sawit pekebun termasuk kegiatan penilaian fisik kebun ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat perkebunan kelapa sawit nasional, termasuk pekebun kelapa sawit," harap Ardi. (Z-8)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat