visitaaponce.com

Mengidentifikasi dan Menyimpulkan Teks Deskripsi untuk Bahasa Indonesia Kelas VII

Mengidentifikasi dan Menyimpulkan Teks Deskripsi untuk Bahasa Indonesia Kelas VII
Salah satu teks yang menjelaskan teks deskripsi.(DOK Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Islam Al Azhar.)

APAKAH kalian pernah membaca, mendengar, dan menonton tentang keindahan alam, kebudayaan, dan makanan khas Indonesia. Tentu kalian pernah ya? Gambaran keindahan Indonesia yang sangat menakjubkan seperti keindahan pantai, kemegahan gunung, keunikan bangunan bersejarah. Bagaimana perasaan kalian saat membaca dan menonton liputan liputan tersebut?

Saat membaca ataupun menonton penggambaran objek yang seakan-akan kita merasakan, melihat, mendengarkan dengan pancaindra disebut mendeskripsikan. Apabila objek tersebut digambarkan dengan tulisan disebut dengan teks deskripsi. Hal itu lebih detail dijelaskan dalam buku Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Islam Al Azhar Bab 1 Kreatif Menulis Teks Deskripsi. 

Mengidentifikasi teks deskripsi

Teks deskripsi memiliki ciri bersifat khusus dengan menggambarkan secara detail dari objek yang dideskripsikan.

Baca juga: Bahasa Indonesia Kelas VII: Menelaah Struktur Teks Deskripsi

Teks deskripsi memiliki tujuan menggambarkan suatu objek dengan memerinci secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis yang dibuat seakan-akan pembaca merasakan yang dideskripsikan penulis.

Teks deskripsi dapat dikembangkan menjadi tiga jenis teks, yakni teks deskripsi spatial, subjektif, dan objektif.

a. Teks deskriptif subjektif adalah suatu teks deskripsi yang dalam penggambaran objeknya berdasarkan atas kesan yang dimiliki oleh penulis paragraf tersebut.

b. Tes deskripsi spatial. Dalam teks deskripsi ini objek yang dijelaskan hanya berupa benda, tempat, ruang, dan sebagainya.

c. Tes deskripsi objektif. Dalam teks ini penjelasan mengenai objek digambarkan apa adanya berdasarkan keadaan yang sebenarnya. Karenanya, pembaca bisa membayangkan keadaan tanpa ada penambahan opini dari penulis.

Baca juga: Belajar Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif untuk UTBK SNBT

Menyimpulkan isi teks deskripsi

Setelah kalian mengidentifikasi tes deskripsi selanjutnya kalian menyimpulkan tes deskripsi.

Setiap bacaan memiliki informasi penting. Informasi penting adalah informasi utama yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca. Informasi penting dalam bacaan terdapat pada ide pokok setiap paragraf dalam bacaan.

Ide pokok adalah suatu masalah atau peristiwa penting yang dibahas atau diungkapkan dalam bacaan. Ide pokok diungkapkan dengan kata-kata atau frasa. Penulis selalu mengulang kata atau frasa tersebut sehingga sering disebut kata kunci.

Paragraf yang memiliki ide pokok di awal disebut paragraf deduktif. Paragraf dengan ide pokok terletak di akhir paragraf disebut induktif. 

Baca juga: Contoh dan Pengertian Kalimat Langsung dan tidak Langsung

Paragraf dengan pokok pikiran terletak di awal dan di akhir paragraf disebut deduktif-induktif. Jadi ide pokok setiap paragraf dapat terletak di awal, di akhir, di awal dan di akhir, atau menyebar di seluruh paragraf.

Cara menemukan informasi dalam teks deskripsi sebagai berikut:

a. Membaca keseluruhan teks deskripsi.
b. Memahami isi teks deskripsi.
c. Menemukan ide pokok setiap paragraf dalam teks deskripsi. (OL-14)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat