visitaaponce.com

Prakiraan Cuaca 16 Mei 2024, Sebagian Wilayah Diprediksi Hujan Lebat

Prakiraan Cuaca 16 Mei 2024, Sebagian Wilayah Diprediksi Hujan Lebat
Prakiraan cuaca Kamis 16 Mei 2024(Instagram)

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), cuaca di sebagian wilayah Indonesia pada hari ini, Kamis (16/5) diperkirakan akan terjadi hujan lebat dan masuk dalam kategori siaga. Berikut perkiraan cuaca di wilayah Indonesia yang kami rangkumkan untuk kamu.
 
BMKG memperkirakan angin permukaan di wilayah Indonesia bertiup dari arah timur dan tenggara dengan kecepatan 10 hingga 50 km/jam. Sementara untuk suhu udara berkisar antara 19 hingga 35 derajat celcius dengan kelembaban berkisar antara 50% hingga 100%. 

Selain itu, perkiraan tinggi gelombang laut di Indonesia umumnya berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter. Perlu diwaspadai kemungkinan terjadinya banjir di pesisir Karimun, pesisir Dabo Singkep, dan pesisir utara Jawa Tengah.

Berikut perkiraan cuaca di kota-kota besar di wilayah Indonesia:

  1. Sumatera
    Hujan lebat disertai petir diperkirakan terjadi di wilayah Banda Aceh, Pekanbaru, Padang, dan Tanjung Pinang. Kota Medan diwaspadai potensi hujan lebat, Pangkal Pinang diperkirakan berawan, Palembang diperkirakan berkabut, dan Jambi diperkirakan hujan ringan, serta Bengkulu dan Bandar Lampung diperkirakan akan turun hujan disertai petir.
     
  2. Pulau Jawa
    Kota Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya diperkirakan cerah berawan, Jakarta diperkirakan berawan, Serang dan Bandung diperkirakan hujan ringan.
     
  3. Kota Mataram dan Kupang diperkirakan cerah berawan, dan Denpasar diperkirakan berawan.
     
  4. Kalimantan
    Di wilayah Kalimantan, hujan ringan diperkirakan terjadi di Kota Pontianak, Tanjung Serol, Samarinda, dan Palangkaraya, serta hujan disertai petir diperkirakan terjadi di Banjarmasin.
     
  5. Sulawesi 
    Wilayah Sulawesi meliputi Kota Makasar dan Kota Kendari diperkirakan berawan. Hujan ringan dipredikai terjadi di Manado, Gorontalo, dan Palu, dan hujan sedang diprediksi terjadi di Mamuju.
     
  6. Wilayah Timur Indonesia 
    Wilayah timur Indonesia diprediksi berawan di Kota Manokwari, dan diprediiksi hujan ringan di Ternate, Ambon, dan Jayapura. (Z-10)


Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat