visitaaponce.com

Ketua DPR Puan Maharani akan Memimpin Pertemuan Parlemen di Forum Air Dunia ke-10

Ketua DPR Puan Maharani akan Memimpin Pertemuan Parlemen di Forum Air Dunia ke-10
Puan Maharani pimpin pertemuan parlemen di Forum Air Dunia ke-10(Dok. DPR RI)

DPR RI bersama Inter-Parliamentary Union (IPU) akan menjadi tuan rumah Parliamentary Meeting on The Occasion of The 10th World Water Forum. Ketua DPR RI Puan Maharani akan memimpin pertemuan Parlemen dalam rangka Forum Air Dunia ke-10 tersebut yang akan diadakan di Nusa Dua, Bali.

Pertemuan Parlemen ini akan berlangsung pada 19-21 Mei mendatang dengan dihadiri oleh 231 partisipan dari 49 negara, termasuk beberapa speaker (Ketua Parlemen). Acara ini merupakan bagian dari Sidang Forum Air Dunia ke-10, yang mana Indonesia menjadi tuan rumah pada tahun 2024 ini.

“Sebagai tuan rumah kegiatan sidang, DPR RI berfokus pada kesuksesan acara Parliamentary Meeting on The Occasion of The 10th World Water Forum, baik dari segi penyelenggaraan maupun substansi untuk memperkuat tata kelola air bagi kesejahteraan rakyat,” ungkap Puan, Jumat (17/5).

Baca juga : Di Meksiko, Puan Dorong Negara Middle Power Desak Gencatan Senjata Permanen di Gaza

DPR telah melakukan berbagai persiapan untuk acara tersebut, termasuk rapat persiapan pada Kamis (16/4) di Gedung DPR yang dipimpin oleh Puan sendiri. Tujuannya adalah memastikan kelancaran acara, serta membahas substansi masalah yang akan dibahas dalam forum guna mencapai solusi terkait krisis air.

Tema dari Parliamentary Meeting on The Occasion of The 10th World Water Forum adalah ‘Mobilizing Parliamentary Action on Water for Shared Prosperity’ (Menggerakkan Aksi Parlementer tentang Air untuk Kesejahteraan Bersama). Dengan tema ini, anggota parlemen dari seluruh dunia diharapkan dapat mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah kelangkaan air.

“Forum air dunia memiliki signifikansi yang besar karena air sangat penting bagi kehidupan di bumi ini. Dengan fungsi yang sangat vital, air menjadi topik penting dalam pembahasan politik,” jelas Puan.

Baca juga : Turunkan Ketegangan Geopolitik, Puan: Parlemen Harus Perkuat Preventive Diplomacy

Selain itu, masalah air bersih juga merupakan bagian dari Sustainable Development Goals (SDG) atau tujuan pembangunan berkelanjutan. Oleh karena itu, Puan menyatakan bahwa parlemen dunia di bawah naungan IPU terus berkomitmen untuk memperkuat wacana-wacana parlementer mengenai tata kelola air yang lebih baik.

Di bawah semangat kerja sama dan kolaborasi, Pertemuan Parlemen pada Acara Forum Air Dunia ke-10 akan melibatkan peserta parlemen, IPU, dan organisasi internasional. Dengan demikian, forum tersebut diharapkan dapat menyediakan wadah untuk diskusi global mengenai isu-isu terkait air dan memberikan usulan tindakan untuk meningkatkan agenda air global.

Puan juga akan berpartisipasi dalam World Water Forum (WWF) atau Forum Air Dunia ke-10 yang diselenggarakan oleh Dewan Air Dunia bersama Pemerintah Indonesia sebagai tuan rumah. Pendapat yang disampaikan Puan dalam forum tersebut didasarkan pada hasil dari Parliamentary Meeting on The Occasion of The 10th World Water Forum.

Baca juga : Puan akan Hadiri Sidang Umum Forum Parlemen Dunia di Swiss Bahas Isu Perdamaian

“Pertemuan Parlemen akan mengusulkan satu paragraf untuk dimasukkan dalam Deklarasi Menteri sebagai bagian dari proses politik,” tambahnya.

Forum Air Dunia diadakan setiap tiga tahun sekali oleh Dewan Air Dunia dan negara tuan rumah. WWF ke-10, yang diadakan di Bali dengan Indonesia sebagai tuan rumah, menyediakan platform unik bagi komunitas air dan pemangku kepentingan utama untuk berkolaborasi dan membuat kemajuan dalam mengatasi tantangan air global.

“DPR RI berharap dukungan dari seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan untuk menjalankan Pertemuan Parlemen pada Acara Forum Air Dunia ke-10 dengan baik, serta untuk menghasilkan manfaat bagi masalah-masalah air demi kesejahteraan bersama,” pungkas Puan. (RO/Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat