visitaaponce.com

Aneka Teknologi Industri Tambang untuk Perkuat Efisiensi

Aneka Teknologi Industri Tambang untuk Perkuat Efisiensi
Ilustrasi.(Freepik)

DALAM menghadapi tantangan bisnis, Mind Id dituntut secara aktif mendorong pemanfaatan teknologi dan inovasi dalam praktik bisnis seluruh unit usaha. Penggunaan teknologi dan inovasi didorong industri tambang itu untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi, seperti penggunaan alat berat lebih modern serta implementasi teknologi automasi. 

"Melalui strategi ini, kita berharap dapat terus mendorong peningkatan kinerja yang lebih efisien, efektif, produktif, dan berkelanjutan. Dengan penguatan strategi ini kami ingin terus memperkuat nilai tambah komoditas mineral Indonesia," kata Sekretaris Perusahaan Mind Id Heri Yusuf.

BUMN holding industri pertambangan itu pun mendorong implementasi sistem digital untuk pemantauan dan analisis kinerja operasional secara berkala menggunakan teknologi digital dan sistem manajemen yang terintegrasi. Data yang diperoleh kemudian digunakan untuk memperbaiki proses operasional dan mengurangi waktu henti. 

Baca juga : Air Pascatambang Bisa Digunakan Sebagai Reservoir Air Berkualitas Murni

Tengok saja, PT Aneka Tambang Tbk (Antam) meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja operasional dengan instalasi global positioning system (GPS) pada kendaraan operasional di area feronikel (FeNi) plant.

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menggunakan portable load scanner dalam proses pelaksanaan pengukuran uji petik muatan dump truck batu bara. PTBA berhasil mengefisiensikan proses dan waktu persiapan uji petik muatan, mempercepat proses pengukuran dan perhitungan hasil muatan, serta menghemat biaya yang dibutuhkan dalam proses pekerjaan uji petik tersebut, seperti biaya perawatan lahan dan pengukuran survei.

Adaptasi teknologi automasi juga dilakukan PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) dengan penerapan super dense phase control system (SDPCS) yang merupakan sistem automasi distribusi bahan baku alumina. PT Timah Tbk (TINS) dengan menggunakan teknologi fuming meningkatkan proses peleburan dan pemurnian logam timah. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat