visitaaponce.com

Dukung Perencanaan Keuangan untuk Masa Pensiun yang Lebih Baik

Dukung Perencanaan Keuangan untuk Masa Pensiun yang Lebih Baik
Para Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Raja Ampat tengah mengikuti upacara.(MI/Martinus solo )

MASA pensiun adalah saat-saat yang mengganggu bagi sebagian orang. Pasalnya, sebagian dari mereka belum siap apa yang harus dan akan dilakukan pada masa purnatugas nanti.

Apalagi jika mereka tidak punya perencanaan keuangan yang baik. Untuk itu Standard  Chartered  Bank  Indonesia bersama dengan PT Prudential Life Assurance hari ini meluncurkan produk  asuransi  jiwa PRULife  Harvest  Plan. Produk  ini  merupakan  salah  satu  pilihan  produk finansial  yang tidak hanya  memberikan  perlindungan  jiwa,  namun  juga memudahkan  nasabah dalam mengelola keuangan mereka, sekaligus memberikan ketahanan finansial di masa pensiun.

PRULife  Harvest  Plan  memberikan  beragam  fleksibilitas  dan  kenyamanan  bagi  nasabah untuk mempersiapkan masa pensiun mereka, dimulai dari kemudahan proses pendaftaran yang cukup hanya dengan 1 pernyataan kesehatan, hingga fleksibilitas dalam menentukan masa pengumpulan dana dan masa pensiun. Melalui produk ini, nasabah dapat memilih antara 5 dan 10 tahun masa pengumpulan dana dan masa pensiun mulai dari usia 45, 50, 55, atau 60 tahun. Selain itu, nasabah juga  diberikan  keleluasaan  untuk  menentukan  besaran  nilai  manfaat  tunai  bulanan  yang  dapat diterima di masa pensiun kelak.

Pengetahuan dan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya memiliki jaminan untuk masa setelah  pensiun  tergolong  masih  sangat  rendah. Menurut  data  Otoritas  Jasa  Keuangan  (OJK), jumlah peserta dua program dana pensiun di Indonesia, Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DLPK) dan Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK), hanya mencapai 4,63 juta orang hingga akhir 2018.

Baca juga: OJK: Kinerja Industri Asuransi Menurun Saat Pandemi

Jika dibandingkan  dengan  total  jumlah  tenaga  kerja,  baik  di  sektor  formal  maupun  informal,  yang mencapai 129,36 juta orang per Februari 2019 menurut Badan Pusat Statistik (BPS), berarti hanya 3,6% masyarakat Indonesia yang telah mulai mempersiapkan masa pensiun mereka1. Namun  demikian  pandemi  covid-19  mulai  mengubah  cara  pandang  orang  Indonesia  terhadap persiapan  dana  pensiun  dan  meningkatkan  kesadaran  mereka  akan  pentingnya  melakukan persiapan untuk hal tersebut sedini mungkin.

Berdasarkan survei global yang dilakukan Standard Chartered ke 12.000 responden di 12 negara di dunia, termasuk ke 1.000 orang Indonesia, 34% orang Indonesia menyebut persiapan tabungan pensiun sebagai tujuan finansial yang aktif mereka fokuskan saat ini. Ketika ditanya apa yang akan para responden lakukan saat ini jika diberikan uang  senilai  sekitar  Rp19,2  juta  (atau  setara  dengan  1.000  Poundsterling),  49%  dari  mereka menjawab bahwa uang tersebut akan digunakan untuk tabungan jangka panjang, yang  27% dari tabungan jangka panjang tersebut adalah untuk dana pensiun dan investasi jangka panjang.

PRULife Harvest Plan hadir dengan penawaran unik, yaitu perlindungan keluarga menyeluruh bagi generasi pertama hingga generasi kedua. Bagi generasi pertama, yaitu nasabah pemegang polis dan penerima manfaat,  produk  ini  memberikan  kepastian  yang  optimal  untuk  pensiun  mapan. Generasi kedua yaitu anak dari nasabah sebagai tertanggung, juga akan mendapatkan kepastian perlindungan finansial sebesar uang pertanggungan dari Prudential Indonesia apabila terjadi risiko sesuai dengan cakupan tanggungan.

PRULife  Harvest  Plan  saat  ini  tersedia  eksklusif  bagi  nasabah  Standard  Chartered  di  seluruh Indonesia.    Berbagai  manfaat  lebih  yang  dapat  dinikmati oleh  nasabah  PRULife  Harvest  Plan, mencakup  Proteksi  Jiwa  hingga  usia  70  tahun,  manfaat  Pendapatan  Tunai  Berkala,  Manfaat Pendapatan  Tunai  Sekaligus,  Manfaat  Meninggal  Dunia,  dan  Manfaat  Cacat  Total  dan  Tetap. Nasabah juga bisa mendapatkan tambahan manfaat berupa Bonus Pendapatan Tunai Berkala, dan Bonus Akhir Pertanggungan yang tidak dijamin dan akan diberitahukan kemudian sesuai Ketentuan Polis.

"Pandemi covid-19 semakin  membuktikan  bahwa  kita  tidak  bisa  mengandalkan  tabungan  semata  sebagai  jaminan finansial  di  masa  setelah  pensiun.  Sangat  penting  bagi  kita  mulai  mempertimbangkan investasi sedini  mungkin  untuk  memastikan  kesejahteraan  diri  kita,  serta  menikmati  hidup  nyaman  yang layak kita dapatkan di usia tua nanti. Pandemi juga menjadi katalisator bagi Prudential Indonesia untuk memperkuat komitmen kami dalam melakukan beragam inovasi produk dan layanan guna memberikan  perlindungan  menyeluruh  kepada  nasabah," ujar Jens  Reisch,  President  Director  of Prudential  Indonesia.

“Kami  senang  dapat  bermitra  dengan Prudential, untuk menghadirkan pilihan produk asuransi terbaik yang didukung oleh layanan yang prima kepada para nasabah kami. Melalui kolaborasi ini, kami ingin kembali mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya perencanaan masa pensiun untuk menikmati kenyamanan baik selama masa produktif dan setelahnya," tambah Cluster  CEO,  Indonesia  &  ASEAN  Markets  (Australia,  Brunei  &  the Philippines),   Standard   Chartered, Andrew Chia. (RO/A-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Maulana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat