visitaaponce.com

Santos Merger dengan Oil Search Bentuk Grup Senilai Rp213 Triliun

Santos Merger dengan Oil Search Bentuk Grup Senilai Rp213 Triliun
Ilustrasi.(DOK Medcom.)

PERUSAHAAN gas alam Australia, Santos, dan Oil Search dari Papua Nugini pada Jumat (10/9) menyetujui merger untuk menciptakan grup senilai Aus$21 miliar (US$15 miliar atau Rp213 triliun). Ini dilakukan untuk bersaing lebih baik di masa depan.

Kesepakatan itu, yang masih memerlukan persetujuan dari pemegang saham Oil Search, muncul ketika kelompok energi di seluruh dunia menghadapi tantangan yang meningkat untuk penjualan bahan bakar fosil yang dipersalahkan sebagai penyebab pemanasan berlebihan di planet ini.

Dalam kesepakatan tanpa uang tunai yang dibiayai sepenuhnya oleh saham, Santos yang berbasis di Adelaide akan mendapatkan 61,5% dari perusahaan gabungan itu dan sisanya milik pemegang saham Oil Search.

Grup yang digabungkan akan memiliki kapitalisasi gabungan sebesar Aus$21 miliar. Ini menjadikannya salah satu dari 20 perusahaan minyak dan gas terbesar di dunia. Demikian dikatakan kedua perusahaan energi itu dalam pernyataan bersama.

Kepala eksekutif Santos Kevin Gallagher, yang akan memimpin grup gabungan, mengatakan mereka akan menjadi lebih kuat dengan bersama, menikmati skala besar, biaya operasional yang rendah, dan peluang pertumbuhan yang tak tertandingi untuk dekade berikutnya.

"Penggabungan akan menciptakan perusahaan dengan neraca dan arus kas yang kuat agar berhasil menavigasi transisi ke masa depan yang lebih rendah karbon," katanya dalam pernyataan itu.

Santos mengatakan pihaknya memperkirakan merger akan menghasilkan penghematan sebelum pajak sebesar US$90-115 juta per tahun. Kesepakatan ini dibiayai oleh pertukaran saham. Pemegang saham di Oil Search mendapatkan 0,6275 saham baru Santos untuk setiap saham Oil Search mereka yang ada.

Dewan Pencarian Minyak telah dengan suara bulat menyetujui kesepakatan itu dan merekomendasikannya kepada para pemegang saham yang diperkirakan bertemu sekitar 29 November. Di antara syarat-syarat lain yaitu merger juga membutuhkan persetujuan pengadilan Papua Nugini.

Baca juga: Holcim Jual Usahanya di Brasil ke CSN hingga Rp14,2 Triliun

Dalam jadwal indikatif, kedua perusahaan mengatakan merger mungkin efektif pada 16 Desember. Pada perdagangan sore hari di bursa Australia, saham Santos naik 1,16% menjadi Aus$6,10. Saham Oil Search, yang terdaftar di pasar saham Australia dan Papua Nugini, naik 2,74% menjadi Aus$3,75. (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat