visitaaponce.com

Kebakaran Kilang Balikpapan Tewaskan Satu Pekerja

Kebakaran Kilang Balikpapan Tewaskan Satu Pekerja
Sebelumnya pada Jumat ( 4/3/2022), kilang minyak di area RU V Pertamina, Karanganyar, Balikpapan, Kaltim, juga mengalami kebakaran.(ANTARA FOTO/Humas Pertamina)

KEBAKARAN yang terjadi di kilang minyak Pertamina, Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (15/5) menewaskan satu orang pekerja Pertamina.

Terdapat tiga korban, dua orang di antaranyayang terpapar panas yang merupakan pekerja dari kontraktor selamat dengan telah kembali dari RS Pertamina Balikpapan.

"Sedangkan, satu orang lagi tidak berhasil diselamatkan merupakan pekerja kontraktor," ungkap Area Manager Communication, Relation & CSR Kilang Balikpapan Ely Chandra dalam keterangan resmi yang dikutip, Senin (16/5).

Baca juga : Pasca-Insiden, Kilang Balikpapan Pastikan Produksi BBM Aman

Tim Pemadam di Kilang Balikpapan PT Kilang Pertamina Internasional mengaku telah berhasil melakukan pengendalian api yang muncul di plant 5, Unit Hydro Skimming Complex.

Ely berujar kondisi sudah terkendali dan terus dilakukan proses pendinginan. Namun, Plant 5 dihentikan operasionalnya untuk sementara pada Minggu kemarin.

"Dalam kurun waktu sekitar 1 jam yakni pada pukul 11.31 WITA api telah berhasil dipadamkan," sebutnya.

Baca juga : Jamin Suplai ke Kilang Pertamina Balikpapan, Proyek Pipa Gas Senipah-Balikpapan Dimulai

GM Kilang Balikpapan Wahyu Sulistyo Wibowo mengungkapkan rasa bela sungkawa atas berpulangnya korban, dan memohon maaf kepada keluarga korban atas insiden kebakaran tersebut.

"Kami akan memastikan penanganan akan dilaksanakan semaksimal mungkin kepada semua korban," ucapnya.

Plant tersebut diketahui menghasillan bahan baku gasoline, dan untuk memenuhi kebutuhan produksi bahan baku akan dilakukan pengoptimalan stok di tangki dan pengaturan produksi di kilang Balikpapan.

Saat ini tim internal terus melakukan upaya recovery operasional Kilang Balikpapan agar segera kembali beroperasi maksimal. Untuk sementara waktu, alih suplai sedang disiapkan, berkoordinasi dengan Pertamina Group untuk memastikan tidak adanya gangguan dalam suplai BBM kepada masyarakat. (Ins/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat