visitaaponce.com

Pemerintah Gelontorkan Rp811,7 Triliun untuk Transfer Daerah di 2023

Pemerintah Gelontorkan Rp811,7 Triliun untuk Transfer Daerah di 2023
Presiden Joko Widodo(ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

PEMERINTAH dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2023, menetapkan belanja negara sebesar Rp3.041,7 triliun yang meliputi, belanja pemerintah pusat Rp2.230,0 triliun dan transfer ke daerah Rp811,7 triliun.

Pemerintah, dalam Rancangan Undang-undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RUU APBN) 2023, mengalokasikan biaya sebesar Rp811,7 triliun untuk dibagikan kepada seluruh pemerintah daerah di Tanah Air.

Presiden Joko Widodo mengungkapkan, guna mengoptimalkan dana yang begitu besar itu, pemerintah pusat akan melakukan sinergi kebijakan fiskal serta harmonisasi belanja dengan pemerintah daerah.

Pusat juga akan memperkuat kualitas pengelolaan transfer ke daerah sejalan dengan implementasi UU Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Baca juga: Presiden Pastikan Indonesia Lanjutkan Penguatan Industri Hilir

"Kita juga akan perkuat penggunaan transfer ke daerah untuk mendukung sektor-sektor prioritas," ujar Jokowi dalam Penyampaian Keterangan Pemerintah atas RUU APBN Tahun Anggaran 2023 di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (16/8).

Pemerintah pusat juga akan meningkatkan kemampuan perpajakan daerah dengan tetap menjaga iklim investasi, kemudahan berusaha, dan kesejahteraan masyarakat.

"Kita juga mengoptimalkan pemanfaatan belanja daerah untuk penguatan akses dan kualitas layanan publik," tandasnya. (OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat