visitaaponce.com

Produksi Industri AS Turun Lampaui Perkiraan Analis

Produksi Industri AS Turun Lampaui Perkiraan Analis
Truk F-150 bertenaga bahan bakar Ford Motor Co sedang diproduksi di pabrik mereka di Dearborn, Michigan.(AFP/Jeff Kowalsky.)

PRODUKSI industri Amerika Serikat (AS) turun lebih dari yang diperkirakan analis bulan lalu. Federal Reserve mengatakan itu pada Selasa (18/7). Ada kontraksi tajam dalam output yang terlihat pada produk konsumen tahan lama seperti otomotif dan karpet.

Juni menandai penurunan bulanan kedua berturut-turut. Ini membalikkan beberapa angka positif yang terlihat awal tahun ini dan memberikan bukti lebih lanjut dari perlambatan produksi. Soalnya, The Fed bersiap untuk mempertimbangkan penaikan suku bunga lagi minggu depan.

Baca juga: Penjualan Ritel AS pada Juni Melemah saat Inflasi Reda

Penurunan 0,5% dalam produksi industri didorong oleh kontraksi tajam dalam indeks barang tahan lama, seperti peralatan, furnitur, dan karpet. Barang tahan lama itu turun 2,7%.

Barang tidak tahan lama juga mengalami kontraksi sebesar 0,9% karena penurunan produksi pakaian, energi, serta makanan dan tembakau. Penurunan bulanan berada di bawah ekspektasi rata-rata ekonom yang disurvei oleh MarketWatch.

Baca juga: Rusia Ambil Alih Saham Danone dan Carlsberg

Satu-satunya keuntungan bulan lalu berasal dari peralatan pertahanan dan ruang angkasa yang naik 1,5%. "Singkatnya, produksi industri secara keseluruhan dan output manufaktur lebih lemah dari yang diharapkan," untuk mengakhiri kuartal kedua, kepala ekonomi High Frequency Economics AS Rubeela Farooqi menulis dalam catatan kepada klien. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat