visitaaponce.com

Forwatan dan Asosiasi Hilir Sawit Sukses Gelar Bakti Sosial dan Promosi Manfaat Sawit

Forwatan dan Asosiasi Hilir Sawit Sukses Gelar Bakti Sosial dan Promosi Manfaat Sawit
Forwatan bersama tiga asosiasi hilir sawit gelar bakti sosial dan promosi manfaat sawit.(Forwatan)

Forum Wartawan Pertanian (Forwatan) bersama tiga asosiasi hilir sawit yaitu Asosiasi Produsen Biofuels Indonesia (Aprobi), Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (Gimni) dan Asosiasi Produsen Oleochemical Indonesia (Apolin) sukses menyelenggerakan bakti sosial sekaligus promosi dampak positif industri kelapa sawit di sepanjang Ramadan 1445 Hijriah.

Melalui kegiatan tersebut, ratusan santri dan anak yatim piatu mendapatkan pemahaman terkait manfaat positif sawit bagi kehidupan, baik dari segi perekonomian, sosial, dan hingga lingkungan.

“Saat ini minyak sawit menghadapi persoalan citra di mata masyarakat. Padahal, komoditas ini melibatkan petani dan koperasi di dalamnya, jadi tidak benar apabila kelapa sawit diidentikkan dengan konglomerasi,” ujar Direktur Eksekutif Gimni Sahat Sinaga melalui keterangan resmi, Kamis (18/4).

Baca juga : Mantan Menteri Perindustrian Saleh Husin Raih Gelar Doktor dari Universitas Indonesia

Ia mengatakan produk hilir sawit telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia. Hampir seluruh kebutuhan sehari-hari memiliki kandungan sawit sebagai bahan baku. Misalnya, makanan dan minuman, sabun, kosmetik, minyak goreng, margarin dan lain sebagainya.

Saat ini, keunggulan sawit tidak terlepas dari kebijakan pemerintah yang memperkuat hilirisasi dan meningkatkan jumlah produk turunan dari hanya 54 jenis di 2007 menjadi 179 jenis di 2023.

Ketua Forwatan Yuwono Nugroho berharap kerja sama dengan asoisasi hilir sawit dapat terus terjalin sehingga kegiatan serupa bisa berkesinambungan. Ia menekankan edukasi kepada masyarakat terkait peran sawit dalam kehidupan adalah hal yang sangat penting.

Baca juga : Hilirisasi Industri Sawit Cara Indonesia Lepas dari Kutukan Sumber Daya Alam dan Perangkap Pendapatan Menengah

“Harapan kami, kerjasama yang berjalan baik ini dapat terus berlanjut ke depannya sehingga pemahaman yang mendalam terkait sawit bisa semakin tersebar luas di masyarakat," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, salah satu pihak penerima santunan, Yayasan Al Mukhlisin Cibubur, memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung kegiatan bakti sosial Forwatan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Forwatan yang berkenan hadir dan memberikan bantuan bagi anak-anak yatim. Begitu pula apresiasi setinggi-tingginya kepada asosiasi sawit yang turut mendukung kegiatan sosial ini. Harapan kami industri sawit memberikan keberkahan bagi masyarakat Indonesia,” ucap pengurus Yayasan Al Mukhlisin Bambang Sundawa. (RO/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat