visitaaponce.com

Donor Darah Nasional di Harganas Ke-31,Menutup Kekurangan 1 Juta Kantong Darah

Donor Darah Nasional di Harganas Ke-31,Menutup Kekurangan 1 Juta Kantong Darah
Bakti sosial donor darah di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Provinsi Jawa Tengah, Kamis (27/6).(MI/Safuan)

KETERSEDIAAN darah secara nasional masih kurang satu juta kantong dari kebutuhan sebanyak 5,1 juta kantong. Guna memenuhi kebutuhan itu, dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyelenggarakan donor darah di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Provinsi Jawa Tengah.

Sejak pagi kegiatan bhakti sosial, ratusan pendonor berdatangan dan melakukan pemeriksaan petugas dari tim medis RSUD Semarang. 

"Jumlah pendonor yang mengikuti kegiatan bhakti sosial Harganas ini cukup besar," ujar Ketua Panitia Bhakti Sosial Harganas Desie Frihandini Afief.

Baca juga : Nestle Indonesia Gelar Festival Kesehatan

Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN Wahidin mengatakan bhakti sosial donor darah ini, merupakan upaya membantu kebutuhan persediaan darah, karena secara nasional masih mengalami kekurangan hingga satu juta kantong.

Berdasarkan data, lanjut Wahidin, kebutuhan darah secara nasional sebanyak 5,1 juta kantong, namun saat ini baru tersedia 4,1 juta kantong darah. Diharapkan dengan bhakti sosial donor darah dalam rangka Harganas ke-31 di Semarang dapat membantu memenuhi ketersediaan darah yang dibutuhkan.

"Ketersediaan darah yang mencukupi, akan dapat menyelamatkan jiwa penerima donor karena sering kali ketika ada kebutuhan tapi stok tersedia kosong hingga menyulitkan pasien," kata Wahidin.

Baca juga : Berikan Manfaat Kesehatan bagi Karyawan, Metro TV Gelar Donor Darah

Wahidin mengatakan mereka hanya menargetkan 150 pendonor. Namun saat baru dibuka, jumlah pendonor yang mendaftar sudah lebih dari 200 orang. 

Harganas, kata Wahidin, memberikan dampak positif bagi warga Kota Semarang, terutama ekonomi. 

Terkait dengan Harganas, menurut Wahidin, berdampak cukup besar terhadap
warga Kota Semarang terutama sektor ekonomi. Dengan banyaknya tamu dari berbagai daerah yang hadir, terjadi peningkatan layanan, mulai dari kuliner, hotel, jasa transportasi, dan lainnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat