visitaaponce.com

Donor Darah Berikan Sejumlah Manfaat Kesehatan

Donor Darah Berikan Sejumlah Manfaat Kesehatan
(MI/HO)

MENDONORKAN darah dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan, seperti menjaga kesehatan jantung dan melancarkan aliran darah. Menyumbangkan darah dapat menurunkan risiko stroke serta penyakit jantung.

"Kalau darah diambil 350 cc, tubuh akan membentuk darah baru. Jadi meningkatkan produksi darah merah lagi kan," kata Dokter J. Nethasia Louhenapessy dari RS Fatmawati.

Dia menjelaskan, pembentukan darah baru tersebut 2 buulan bagi laki-laki dan 3 bulan bagi perempuan. Bagi donor apheresis atau yang hanya mendonorkan plasma dan trombositnya, proses regenerasinya memakan waktu dua pekan.

Baca juga : Berikan Manfaat Kesehatan bagi Karyawan, Metro TV Gelar Donor Darah

Mendonorkan darah, ujarnya, juga dapat menurunkan kadar kolesterol, serta membuat jumlah zat besi stabil. "Terus saat donor, kita diperiksa empat macam penyakit, yaitu HIV, hepatitis B, hepatitis C, dan sifilis. Secara gratis. Itu kan sangat bermanfaat buat kita sekalian medical check-up," katanya. 

Dia juga mengatakan bahwa mendonorkan darah dapat membuat kondisi psikis seseorang lebih baik, karena ada rasa bahagia karena sudah membantu orang lain, sehingga umur dapat menjadi panjang. 

Karena itu, PT Lippo Cikarang Tbk melaksanakan aksi donor darah dengan menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi. Kegiatan ini diikuti hingga 100 pendonor. 

Baca juga : Oakwood Jakarta Adakan Kegiatan Donor Darah dalam Rangka Memperingati Hari Donor Darah Sedunia

Kegiatan donor darah itu sudah rutin dilakukan perusahaan sejak tahun 2015. Hingga tahun ini, sebanyak lebih dari 1.000 kantong darah sudah terkumpul untuk kebutuhan darah di Kabupaten Bekasi.

"Selain karyawan Lippo Cikarang, kami juga melibatkan para pendonor dari karyawan di kawasan industri hingga warga perumahan di sekitar. Diharapkan setiap kantong darah yang terkumpul dapat menjadi semangat baru bagi yang membutuhkan" ujar Presiden Direktur Lippo Cikarang Gita Irmasari.

Salah satu petugas donor darah dari PMI Kabupaten Bekasi Dewi Widiawati Amd. Kep, berharap kegiatan ini bisa berlangsung rutin dan memotivasi perusahaan lain di kawasan industri sekitarnya. Ini karena setetes darah itu dapat menyelamatkan sesama manusia. (Ant/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat