visitaaponce.com

8 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

8 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
Wow ternyata sawo menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan anda. Yuks cari tahu apa saja. (MI/Susanto)

BUAH sawo memiliki banyak manfaat kesehatan yang jarang diketahui banyak orang. Buah ini mengandung nutrisi baik yang dibutuhkan tubuh, seperti serat, kalsium, karbohidrat, kalium, vitamin C, dan vitamin A. Jadi, tak heran jika buah sawo bermanfaat bagi kesehatan.

Kombinasi nutrisi ini berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan memperkuat kesehatan tulang. 

Setiap 100 gram buah sawo mengandung sekitar 83 kalori, 0,34 gram lemak, 1,44 gram protein, dan 19,06 gram karbohidrat. Buah ini juga kaya serat, dengan sekitar 5,3 gram per 100 gram buah.

Baca juga : Catat, Ini Lima Khasiat Cuka Sari Apel untuk Kesehatan

Delapan manfaat buah sawo bagi kesehatan:

1. Pencegahan Kanker 

Antioksidan dalam buah sawo, seperti beta-karoten, berperan penting dalam mencegah kanker. Mereka melawan radikal bebas dan membantu menjaga stabilitas gen dalam sel. Manfaat sawo tidak hanya sebatas perlindungan sel, juga mencakup upaya pencegahan kanker.

2. Mengatur Kadar Gula Darah dengan Baik

Bertentangan dengan anggapan banyak orang, manfaat buah sawo juga mencakup kemampuannya dalam mengatur kadar gula darah. Serat alami dan senyawa bioaktifnya bekerja sama untuk mencegah meningkatnya gula darah yang tidak sehat.

3. Mencegah Kekurangan Zat Besi 

Bagi mereka yang memantau asupan zat besi, sawo bisa menjadi solusi yang baik. Kandungan zat besi yang cukup dapat membantu mencegah kelelahan dan menjaga kadar oksigen dalam tubuh. Manfaat buah sawo tidak hanya terbatas pada aspek nutrisi secara umum saja, berperan dalam mencegah kekurangan zat besi.

Baca juga : 5 Manfaat Buah Rambutan bagi Kesehatan Tubuh

4. Menjaga Keseimbangan Elektrolit 

Selain kalium, sawo juga mengandung magnesium, mineral penting yang membantu menjaga keseimbangan elektrolit tubuh. Sehingga mendukung fungsi otot dan sistem saraf secara optimal. Oleh karena itu, manfaat buah sawo tidak hanya diungkapkan dalam aspek nutrisi secara umum tetapi dalam pengaturan elektrolit penting.

5. Memelihara Kesehatan Kulit dari Dalam

Vitamin A yang terdapat pada buah sawo berperan dalam menjaga kesehatan kulit dari dalam hingga luar. Hal ini membantu mengurangi risiko penuaan dini dan memberikan kulit bercahaya alami. Jadi, manfaat sawo tidak hanya untuk kesehatan internal, tetapi juga memberikan dampak positif pada penampilan luar, terutama pada kulit.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung 

Kaya potasium, sawo membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengatur tekanan darah. Konsumsi secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan melancarkan sirkulasi darah.

Baca juga : Ini Manfaat Buah Lontar bagi Kesehatan Tubuh

7. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah sawo selanjutnya terletak pada kemampuannya untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi memberikan dukungan tambahan untuk melawan infeksi dan menjaga kemampuan tubuh untuk pulih.

8. Mendukung Kesehatan Pencernaan 

Terakhir, sawo bisa menjadi buah pilihan karena kaya serat. Kandungan serat yang tinggi pada buah ini membantu meningkatkan fungsi pencernaan, mencegah sembelit dan mendukung kesehatan mikroflora usus. 

Selain berhenti pada aspek nutrisi saja, manfaat dari buah sawo juga berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat