visitaaponce.com

Pendidikan Berkualitas Unsur Penting Peningkatan Ekonomi

Pendidikan Berkualitas Unsur Penting Peningkatan Ekonomi
Para sukarelawan Citi Indonesia mengemas paket tas dan perlengkapan sekolah untuk didonasikan ke sejumlah PAUD dan SD.(Dok. MI)

PENDIDIKAN berkualitas diperlukan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan serta mencapai visi Indonesia Emas 2045. Namun, dalam mencapai tujuan tersebut masih terdapat tantangan yang perlu diatasi. Saat ini, tingkat pendidikan pekerja di Indonesia masih didominasi lulusan SD ke bawah.

Terdapat hubungan erat antara pendidikan dan pertumbuhan ekonomi. Hasil riset XQ High School & The Future of Work yang menunjukkan peningkatan prestasi siswa akan menambah 70 triliun dolar AS pada Pendapatan Domestik Bruto. Hal tersebut menjadi salah satu landasan bagi Citibank N.A., Indonesia (Citi Indonesia) untuk turut serta mendukung peningkatan pendidikan bagi anak-anak Indonesia. Salah satu upayanya dilakukan melalui kegiatan Citi Global Community Day (GCD) 2024. Kegiatan itu menekankan pentingnya pendidikan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

“Citi di Indonesia telah hadir selama 56 tahun. Sepanjang waktu tersebut, kami melihat langsung bagaimana pendidikan berperan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan berkontribusi langsung pada pertumbuhan ekonomi. Kami percaya bahwa investasi dalam pendidikan akan memberikan manfaat bagi bangsa. GCD menunjukkan komitmen kuat Citi sebagai bank global dalam mendukung pendidikan dan kesejahteraan masyarakat, yang kami yakini akan berkontribusi pada pencapaian visi Indonesia Emas 2045,” ujar Chief Executive Officer Citi Indonesia, Batara Sianturi, dalam puncak kegiatan GCD 2024 di Jakarta, Minggu (30/6/2024).  Kegiatan tersebut sekaligus untuk memperingati Hari Keluarga Nasional yang jatuh pada 29 Juni, serta perayaan ulang tahun Citi Indonesia ke-56.

Baca juga : Pilih Sekolah untuk si Kecil, Pertimbangkan Jarak dari Rumah

Mengusung tema Celebrating a Culture of Learning and Growth, GCD 2024 menyoroti pentingnya keinginan terus-menerus untuk belajar dan tumbuh, selaras dengan visi transformasi Citi. Rangkaian kegiatan GCD berlangsung sepanjang Juni 2024 dengan melibatkan sekitar 700 karyawan Citi Indonesia yang disebut Citi Volunteers. Puncak kegiatan GCD ditandai dengan pemberian donasi berupa 560 paket tas dan perlengkapan sekolah. Paket tersebut akan didistribusikan ke delapan sekolah di wilayah Rawa Badak Selatan, Jakarta Utara, mulai dari tingkat PAUD hingga SD.

Donasi menyasar murid-murid sekolah yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, termasuk anak yatim piatu, anak-anak buruh lepas, pedagang asongan, pengamen jalanan, pengemudi ojek online, petugas kebersihan, dan yang orang tuanya tidak memiliki pekerjaan. Donasi tersebut disalurkan melalui Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) dan diharapkan dapat memberikan dukungan bagi pendidikan siswa di wilayah tersebut.

Sebelumnya, selama periode GCD, Citi Volunteers beserta keluarga dan alumni terlibat dalam berbagai kegiatan sosial, seperti mendonasikan buku, pakaian, dan mainan layak pakai. Selain itu, Citi Indonesia juga melakukan rangkaian kegiatan literasi keuangan serta pembekalan ilmu dan keterampilan kewirausahaan. Dalam menyelenggarakan GCD 2024, Citi Indonesia bekerja sama dengan para mitra yang bergerak di bidang pemberdayaan ekonomi dan lingkungan seperti Plan Indonesia, Mercy Corps Indonesia, Prestasi Junior Indonesia, dan United Nations Development Programme (UNDP).

“Kegiatan GCD ini sejalan dengan semangat dan komitmen kami untuk berkontribusi secara positif kepada masyarakat di tempat kami beroperasi,” pungkas Batara. (B-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Eni Kartinah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat