visitaaponce.com

Citibank Serukan Pentingnya Pendidikan untuk Dukung Perekonomian

Citibank Serukan Pentingnya Pendidikan untuk Dukung Perekonomian
Logo Citibank.(AFP/SPENCER PLATT)

CITIBANK N.A., Indonesia (Citi Indonesia) menekankan pentingnya pendidikan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi pada Citi Global Community Day 2024. Pendidikan berkualitas diperlukan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan serta dalam mencapai visi Indonesia Emas pada tahun 2045.

Chief Executive Officer Citi Indonesia Batara Sianturi, mengatakan dalam mencapai tujuan Indonesia Emas, masih terdapat tantangan yang perlu diatasi. Rata-rata tingkat pendidikan pekerja di Indonesia masih didominasi oleh lulusan sekolah dasar (SD). Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukan terdapat peningkatan angka putus sekolah di samping tingginya jenjang pendidikan.

"Hubungan antara pendidikan dan pertumbuhan ekonomi terlihat dari hasil riset XQ High School & The Future of Work yang menunjukkan peningkatan prestasi siswa akan menambah $70 triliun pada PDB dari waktu ke waktu," ujar Batara dalam keterangannya, Minggu (30/6).

Baca juga : Pendidikan Berkualitas Unsur Penting Peningkatan Ekonomi

Batara mengatakan Citi Indonesia hadir dan berkontribusi selama 56 tahun. Dalam kurun waktu tersebut, pihaknya melihat langsung bagaimana pendidikan berperan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan berkontribusi langsung pada pertumbuhan ekonomi.

"Kami percaya bahwa investasi dalam pendidikan akan memberikan manfaat bagi bangsa. Global Community Day menunjukkan komitmen kuat Citi sebagai bank global dalam mendukung pendidikan dan kesejahteraan masyarakat, yang kami yakini akan sejalan dengan semangat tersebut dan komitmen kami untuk berkontribusi secara positif kepada masyarakat di tempat kami beroperasi," imbuhnya.

Adapun dalam puncak kegiatan Global Community Day ditandai dengan pemberian donasi berupa 560 paket tas dan perlengkapan sekolah. Paket tersebut akan didistribusikan ke delapan sekolah di wilayah Rawabadak Selatan, Jakarta Utara.

Baca juga : Hardiknas 2024, Puan Maharani Soroti Ekosistem Pendidikan demi Terciptanya SDM Unggul

Paket tas dan perlengkapan sekolah akan didonasikan kepada murid, mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga murid sekolah dasar (SD). Sebagian besar dari mereka berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, termasuk anak yatim piatu, anak-anak buruh lepas, pedagang asongan, pengamen jalanan, ojek online, petugas kebersihan, dan yang orang tuanyatidak memiliki pekerjaan. Donasi tersebut akan disalurkan oleh Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) dan diharapkan dapat memberikan dukungan bagi pendidikan siswa di wilayah tersebut.

Kegiatan Global Community Day diadakan pada Minggu, 30 Juni 2024 di area SCBD Park, Jakarta, sekaligus untuk memperingati Hari Keluarga Nasional yang jatuh pada 29 Juni, serta perayaan ulang tahun Citi Indonesia ke-56. Selama Global Community Day, Citi Volunteers beserta keluarga dan alumni terlibat dalam berbagai kegiatan sosial, seperti mendonasikan buku, pakaian, dan mainan layak pakai.

Selain itu, Citi Indonesia juga melakukan rangkaian kegiatan literasi keuangan serta pembekalan ilmu dan keterampilan kewirausahaan. Dalam menyelenggarakan Global Community Day 2024, Citi Indonesia bekerjasama dengan para mitra yang bergerak di bidang pemberdayaan ekonomi dan lingkungan seperti Plan Indonesia, Mercy Corps Indonesia, Prestasi Junior Indonesia, dan United Nations Development Programme (UNDP).(van)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat