visitaaponce.com

Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat Bisa Ditingkatkan di Atas 5

Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat Bisa Ditingkatkan di Atas 5%
Ekonom Chatib Basri optimistis pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat bisa ditingkatkan.(DOK/PEMPROV JAWA BARAT)

DENGAN potensinya yang besar di segala bidang, Jawa Barat seharusnya bisa meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi di atas 5%. Masih banyak potensi yang bisa dikembangkan ke depan.

"Pertumbuhan ekonomi Jawa Barat sudah relatif baik di angka 5%. Namun, dengan segala potensi, seperti alam dan jumlah penduduk yang hampir mencapai 50 juta jiwa, laju pertumbuhan ekonomi bisa ditingkatkan di atas 5%," papar mantan Menteri Keuangan Chatib Basri, saat memberikan penguatan kapasitas kepada pejabat dan karyawan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, di Bandung, Rabu (26/6).

Untuk itu, dia mengajak para kepala perangkat daerah dan BUMD memberi perhatian pada situasi ekonomi global dan dampaknya terhadap perekonomian nasional dan daerah, khususnya Jawa Barat.

Baca juga : Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat Kedua Tertinggi di Pulau Jawa

Menurut Chatib, sektor pariwisata dan UMKM memiliki masa depan cerah apabila pendampingan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan akselerasinya di kabupaten dan kota, berjalan optimal. "Ketika pasar di luar agak repot, kita juga harus melihat pasar lokal."

Pemprov Jawa Barat menargetkan pada 2025 laju pertumbuhan ekonomi (LPE) Jabar di angka 5%-6% dan menjaga inflasi tetap di kisaran angka 2%-3%. Pada 2023 inflasi Jabar di angka 2,48%.

Jabar mengusung tema pemerataan pembangunan dengan enam prioritas, yakni pertumbuhan ekonomi berbasis peningkatan kapasitas UMKM, petani, nelayan dan budi daya untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Baca juga : Jawa Barat Optimistis Datangkan Investasi Hingga Rp250 Triliun Tahun ini

Sebagai penunjang, Pemprov Jabar juga memprioritaskan pengembangan infrastruktur konektivitas wilayah, pengelolaan lingkungan hidup, serta gerakan membangun desa.


Startup


Potensi lain yang dilirik pada 2025 adalah digitalisasi ekonomi dan industri berbasis teknologi. Dengan status Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar dan tercepat di Asia Tenggara, ekonomi digital nasional pada 2025 diprediksi naik mencapai USD124 miliar.

Pemprov Jawa Barat akan memanfaatkan peluang ini dengan terus mendukung pertumbuhan startup dengan menciptakan ekosistem bisnis digital yang sehat.
 
Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin mengatakan, capaity building bagi para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan BUMD bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan  kemampuan dalam memimpin organisasinya.

Dengan menghadirkan pembicara berkompeten dan berpengalaman, dia berharap setelah capaity bulding ini para pimpinan menularkan pengetahuan baru yang didapat di kantor. "Saya mengharapkan mereka menularkan apa yang diterima kepada teman-teman staf di kantornya."

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat