visitaaponce.com

44 Jemaah Haji Asal Jawa Barat Wafat di Tanah Suci

44 Jemaah Haji Asal Jawa Barat Wafat di Tanah Suci
Makam Ma'la menjadi salah satu tujuan ziarah jemaah haji Indonesia karena menjadi makam keluarga Nabi Muhammad SAW termasuk istri pertama na(MI/Susanto)

BERDASARKAN data dari Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat (Jabar) tercatat hingga kemarin siang, sebanyak 44 jemaah haji asal Jabar meninggal dunia di Tanah Suci

Mayoritas jemaah haji yang meninggal berusia lanjut (lansia) dengan rata-rata usia diatas 60 tahun.

Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Jabar, Boy Hari Novian mengatakan, jemaah haji yang meninggal rata-rata disebabkan karena menderita serangan jantung. 

Baca juga : Jemaah Diingatkan Tawaf Wada sebelum Pulang ke Tanah Air

Selain itu, suhu panas ekstrem yang terjadi di Arab Saudi juga menjadi salah satu faktor yang membuat jemaah haji kelelahan, hingga akhirnya meninggal dunia.

"Penyebab kebanyakan serangan jantung, ditambah lagi suhu udara yang tinggi, hingga membuat kelelahan. Dan memang rata-rata sih lansia umur 60 tahun yang meninggal dunia," jelasnya, Kamis (27/6).

Menurut Boy, jemaah haji yang meninggal dimakamkan di Arab Saudi. Sementara keluarga, akan diinfokan terkait meninggalnya jemaah haji tersebut.

Baca juga : 204 Ribu Jemaah Haji Indonesia Tiba di Tanah Suci

Terkait dengan pemulangan jemaah haji, Boy menyebut, per hari ini sudah 20 kloter jamaah haji yang kembali ke Indonesia dan jadwal kepulangan terakhir jemaah haji akan dilakukan pada 23 Juli mendatang.

"Kepulangan melalui Bandara Internasional Kertajati (KJT) sudah 9 kloter, kalau Jakarta/Bekasi (JKS) sudah 11 kloter. Terakhir pemulangan tanggal 22 JKS, 23 KJT," ungkap Boy. 

Sementara itu Penjabat Gubernur Jabar, Bey Machmudin menjelaskan, beberapa hari lalu saat menyambut kendatangan jemaah haji asal Jabar mulai Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, mengatakan jemaah haji asal Jabar yang meninggal di Arab Saudi ini rata-rata disebabkan karena mereka mengalami sakit.

Baca juga : Haji 2024: 178 Ribu Lebih Jemaah Tiba di Makkah

"Kami menyambut kedatangan jemaah haji kloter pertama Kertajati dari Subang. Kita doakan mereka jadi haji yang mabrur dan makbul, saya sempat menyapa dan berdialog dengan para jamaah. Menurut jemaah, selama menjalankan ibadah haji, mereka mendapatkan fasilitas yang maksimal, sehingga semua tahapan ibadah dilakukan dengan lancar," tutur Bey.

Usai tiba di terminal bandara, para jemaah haji diperiksa administrasinya oleh petugas imigrasi. Setelah itu mereka menggunakan bus menuju Subang. Para keluarga jemaah semuanya menyambut di titik kedatangan bus di Subang.

Berikut data 44 jemaah haji yang meninggal berasal dari Kota Bogor (1), Kabupaten Bogor (3), Kabupaten Sukabumi (3), Kabupaten Cianjur (2), Kabupaten Bekasi (1), Kabupaten Karawang (2),Kabupaten Garut (3), Kota Tasikmalaya (1), Kota Cimahi (3), Kota Banjar (1), Kabupaten Bandung Barat (1), Kabupaten Pangandaran (2). Kemudian Kota Bandung (1), Kota Cirebon (3), Kabupaten Bandung (3), Kabupaten Cirebon (3), Kabupaten Kuningan (1), Kabupaten Indramayu (4), Kabupaten Majalengka (3). (AN)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Reynaldi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat