visitaaponce.com

PosIND Goes Green Bantu Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca

PosIND Goes Green Bantu Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca
Direksi PosIND berkomitmen menjalankan bisnis berwawasan lingkungan(DOK/POSIND)

POSIND sudah menggulirkan program Goes Green akhir Mei lalu. Salah satu langkah sudah dilakukan yakni menyiapkan wall charging kendaraan listrik di halaman Kantor Pusat PosIND di Bandung.

PosIND Goes Green merupakan upaya transformasi hijau yang dilakukan oleh Pos Indonesia sejalan dengan konsep Environmental (Lingkungan), Social (Sosial), Governance (Tata Kelola) atau ESG.

Direktur Utama PosIND Faizal Rochmad Joemadi menyatakan PosIND melakukan langkah demi langkah untuk memutar roda bisnis perusahaan sembari menjaga keberlangsungan alam. “Penggunaan kendaraan listrik mampu menurunkan emisi gas rumah kaca (GRK) dibanding jenis kendaraan rendah emisi lain."

Baca juga : Limbah Fesyen Hantui Dunia, Busana Daur Ulang Semakin Diminati

Sektor transportasi mememberikan kontribusi emisi GRK kedua terbesar di Indonesia. Pemerintah tengah berupaya mendorong penggunaan kendaraan nol emisi. Kendaraan yang paling sesuai dengan program itu  adalah kendaraan listrik baterai.

Satu liter bahan bakar minyak (BBM) setara dengan 1,2 kilowatt hour (kWh) listrik. Emisi karbon 1 liter BBM setara dengan 2,4 kilogram (kg) CO2e, sedangkan 1,2 kWh listrik mengeluarkan emisi 1,02 kg CO2e.

Penggunaan kendaraan listrik berperan secara langsung dalam mengurangi konsumsi bahan bakar fosil. Berkurangnya konsumsi bahan bakar fosil turut mengurangi volume impor minyak dan akhirnya mampu menghemat devisa negara. Jika dilakukan dalam jangka panjang, peralihan ini dapat membuat perekonomian negara lebih stabil.

Baca juga : Runner Up Miss Universe Indonesia Vina Sitorus Sosialisasikan Urban Farming

Terus berbenah


Vice President Corporate Communications PosIND Heri Nugrahanto menambahkan PosIND terus bergerak dalam irama PosIND Goes Green. “Setelah launching goes green bulan lalu, kami terus berbenah untuk berkontribusi dalam menjaga keseimbangan lingkungan."

Nafas PosIND Goes Green sudah berembus di beberapa kantor layanan PosIND di penjuru Tanah Air, diantaranya penggunaan kendaraan operasional berbasis listrik, penggunaan solar panel sebagai sumber energi, penerapan arsitektur tadah hujan, peralihan penggunaan air minum kemasan menjadi air minum gelas.

Baca juga : Layanan Kargo Haji Pos Indonesia Kembali Dibuka Setelah Idul Adha

PosIND yang merupakan singkatan dari Pos Indonesia Integrated National Distribution merupakan wujud langkah transformatif Pos Indonesia sebagai perusahaan logistik yang dapat bersaing secara global.

Sejak 2023, perusahaan yang identik dengan logo burung merpati ini meresmikan merek dan logo barunya yang bertajuk PosIND.

Seiring zaman yang makin modern, transformasi digital diterapkan oleh PosIND pada layanannya. Adapun layanan digital yang ditawarkan oleh, yaitu Pos Aja! yang merupakan aplikasi jasa pengiriman yang berbasis digital courier dan Pospay, aplikasi layanan keuangan gabungan dari transformasi digital produk kantor pos dan giro.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat