visitaaponce.com

Komunitas UGM Peduli Gagas Kegiatan Polmas Kawasan Pendidikan

Komunitas UGM Peduli Gagas Kegiatan Polmas Kawasan Pendidikan
Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan (kana)(Dok UGM)

KONSEP pemolisian masyarakat (polmas) kawasan pendidikan di provinsi DI Yogyakarta (DIY) menjadi sebuah konsep baru. Dengan konsep itu, kawasan pendidikan mampu menjaga lingkungannya agar terasa aman dan nyaman.

Segala persoalan masyarakat yang muncul dalam kawasan tersebut dapat diselesaikan secara kekeluargaan, memberi motivasi dan solusi serta saling menasihati untuk mencari pemecahan masalah.

Komunitas Universitas Gadjah Mada (UGM) Peduli jadi pelopor kegiatan polmas kawasan pendidikan di Yogyakarta. Diharapkan, kegiatan saling asah dan asuh ini dapat ditularkan ke berbagai kampus di Yogyakarta dan berkembang di kota lain seluruh Indonesia.

Baca juga : UNU Diharap Kukuhkan Yogya sebagai Pusat pendidikan dan Keberagaman

Kegiatan positif yang ditumbuhkan oleh generasi mahasiswa UGM peduli, diawali dengan bersih danau, pelepasan ikan, jagongan dengan Kapolda DIY, dan melakukan bakti sosial di area kampus.

"Konsep dari polmas kawasan pendidikan, bukan untuk menjadikan Polri, tetapi masyarakat mampu jadi polisi untuk diri sendiri dan lingkungan sekitarnya," ungkap Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan di sela melepas ikan secara simbolis di danau Wisdom Park, Yogyakarta, Jumat (28/6).

Dia melanjutkan langkah polmas kawasan pendidikan lainnya melakukan pencegahan agar tak terjadi konflik lebih luas dan mencari solusinya.

Baca juga : Anies Baswedan Dicekal, UGM Hanya Beri Sewa Tempat, Panitia Diancam

"Polisi membangun budaya tertib adalah edukasi. Konteks ini nguwongke manusia sebagai manusia sehingga bisa terwujud rasa aman dan damai. Di sini kehadiran polisi untuk menegakkan hukum dan menyelesaikan konflik secara beradab," tutur Kapolda.

Kepala Sekolah Staf dan Pimpinan Lembaga Pendidkan dan Pelatihan Polri 

Irjen Pol Prof Dr Chryshnanda Dwilaksana MSi mengapresiasi penerapan polmas kawasan pendidikan di lingkungan kampus.

Menurutnya, hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan sehingga ide dan gagasan itu patut ditiru dan diterapkan di semua lingkungan pendidikan.

"Ide ini sebagai langkah pemolisian yang kekinian," tutup Chryshnanda.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat