visitaaponce.com

Rupiah Menguat saat Produk Domestik Bruto AS Turun

Rupiah Menguat saat Produk Domestik Bruto AS Turun
Ilustrasi.(AFP)

NILAI tukar rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan Jumat (31/5) ditutup menguat di tengah menurunnya produk domestik bruto (PDB) Amerika Serikat (AS). Pada akhir perdagangan Jumat, kurs rupiah menapak naik 12 poin atau 0,07% menjadi 16.253 per dolar AS dari sebelumnya 16.265 per dolar AS.

"Produk Domestik Bruto perekonomian AS tumbuh 1,3% secara tahunan pada kuartal pertama 2024," kata analis Finex, Brahmantya Himayan di Jakarta, Jumat. Brahmantya menuturkan angka PDB tersebut di bawah perkiraan awal sebesar 1,6% dan 3,4% pada PDB kuartal IV 2023, terutama disebabkan oleh revisi penurunan belanja konsumen. 

Namun pertumbuhan tersebut terus menunjukkan perlambatan sejak kontraksi pada paruh pertama 2022. Saat ini, pelaku pasar menantikan data PCE Price Index Amerika Serikat yang menjadi pedoman inflasi bagi bank sentral AS atau The Fed untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut mengenai arah suku bunga The Fed yang akan dirilis pada Jumat malam WIB.

Baca juga : Rupiah 28 Mei 2024 Merosot 18 Poin

Selain itu, meningkatnya ketegangan geopolitik di Timur Tengah saat Israel menyerang kamp di Rafah yang menewaskan 45 orang dengan dasar pembelaan diri atas serangan yang diterima Tel-Aviv akhir pekan lalu serta ketegangan Laut Cina setelah penunjukan Lai Ching-de sebagai presiden baru Taiwan dapat meningkatkan
permintaan dolar Amerika sebagai aset safe-haven.

Namun aktor utama fundamental pekan ini ialah data PCE Price Index, ukuran inflasi pilihan The Fed yang akan dirilis Jumat malam ini pukul 19.30 WIB. Data tersebut diperkirakan menunjukkan pelemahan inflasi yang dapat mendukung penguatan rupiah atas dolar AS selanjutnya.

Kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia pada Jumat naik ke level Rp16.251 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp16.253 per dolar AS. (Ant/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat