visitaaponce.com

Tiga Manfaat Kartu Prakerja yang Harus Diperhatikan Pemerintah Mendatang

Tiga Manfaat Kartu Prakerja yang Harus Diperhatikan Pemerintah Mendatang
Seorang warga mengakses laman situs Prakerja di Rangkasbitung, Lebak, Banten, Rabu (12/101/2022).(Antara/Muhammad Bagus Khoirunas)

MANTAN Menteri Riset dan Teknologi Indonesia/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bambang Brodjonegoro, menyampaikan ada tiga manfaat yang bisa diperhatikan oleh pemerintahan yang akan datang sebagai landasan mengapa kartu Prakerja cukup penting untuk dilanjutkan.

"Yang pertama, ini membantu upaya kita untuk menciptakan lapangan kerja dan utamanya mengurangi pengangguran. Jangan lupa penduduk kita hari ini didominasi penduduk usia muda, penduduk usia produktif yang pasti butuh tempat bekerja," kata Bambang saat ditemui di Jakarta Selatan pada Rabu (15/5).

Namun, sambung dia, apabila skill mereka tidak sesuai dengan yang diminta oleh pemberi kerja, ini akan menciptakan pengangguran. Hal itulah yang ia nilai bisa dikurangi dengan program kartu Prakerja.

"Yang kedua, program kartu Prakerja menekankan pada pelatihan yang bersifat baik yang upskilling maupun reskilling, artinya di satu sisi kita bisa mendapatkan tenaga kerja yang lebih berkualitas, di sisi lain ini bisa menjadi referensi bagi pendidikan vokasi kita untuk lebih mengarahkan kurikulum pendidikan vokasi dasarnya ke arah yang sesuai dengan yang menjadi kebutuhan market," tegas dia.

Adapun Bambang menyebut manfaat ketiga dari program kartu Prakerja ialah bisa menjadi cikal bakal penguatan perlindungan sosial atau sosial security di masa depan. "Kita sudah punya landasan sosial security di kesehatan BPJS Kesehatan maupun Jamsostek ya BPJS Ketenagakerjaan. Nah di ketenagakerjaan menurut saya masih ada ruang untuk meningkatkan social security yang tentu juga akan berdampak bagi perlindungan kelas menengah kita, kelas pekerja. Dan di situlah kartu Prakerja bisa menjadi cikal bakal perlindungan sosial di masa depan," pungkasnya. (Z-2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat