visitaaponce.com

Mengenal Jenis Golongan Darah, ini Golongan Darah yang Langka

Mengenal Jenis Golongan Darah, ini Golongan Darah yang Langka
Petugas PMI memeriksa golongan darah calon pendonor di kompleks Masjid Raya Al-Musyawarah, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (16/4/2021).(Antara/Sigid Kurniawan.)

GOLONGAN darah adalah ilmu pengklasifikasian darah dari suatu kelompok berdasarkan ada atau tidak zat antigen warisan pada permukaan membran sel darah merah. Dua jenis penggolongan darah yang paling penting adalah penggolongan ABO dan Rhesus. 

Transfusi darah dari golongan yang tidak kompatibel dapat menyebabkan reaksi transfusi imunologis. Ini akan mengakibatkan anemia hemolisis, gagal ginjal, syok, dan kematian. 

Golongan darah paling langka

Dilansir dari halodoc.com, golongan darah paling langka dari semua jenis yang ada yaitu Rh-null yang kerap disebut golden blood. Menurut data yang ada, ternyata hanya 43 orang di dunia yang memiliki golongan darah ini. Pertanda dari Rh-null yakni kurangnya antigen dalam sistem Rh yang merupakan sistem golongan darah terbesar.

Golongan darah A

Golongan darah A ialah tipe sel darah merah yang memiliki kandungan antigen A dan memproduksi antibodi B yang berguna untuk melawan antigen B. Seseorang yang memiliki golongan darah A mampu memberikan donor pada orang lain dengan jenis golongan darah A dan AB. Namun, orang dengan golongan darah ini hanya mampu menerima darah dengan jenis golongan darah A dan O.

Golongan darah yang cocok dengan O

Golongan darah O dengan A, keduanya memiliki kecocokan yang sangat baik. Sedangkan hubungan sesama golongan darah O akan ada dua kemungkinan, sangat cocok atau sama sekali tidak cocok. Meski demikian, kecocokan dalam hubungan bisa ditentukan dengan banyak aspek. Golongan darah ini hanya membantu menjadi salah satu faktor kecocokan tersebut. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat