visitaaponce.com

Cara Bikin CV dengan Tulis Tangan yang Baik dan Benar

Cara Bikin CV dengan Tulis Tangan yang Baik dan Benar
Membuat CV(Ilustrasi)

TAK sedikit yang masih bingung bagaimana cara membuat curriculum vitae (CV) yang baik dan benar. Untuk itu, melihat contoh CV tulis tangan sangat disarankan untuk menambah referensi. Salah satu berkas lamaran kerja yang harus kamu persiapkan ketika melamar pekerjaan di perusahaan tujuan adalah CV.

Pada umumnya, surat lamaran kerja dan CV dibuat dengan cara diketik pada komputer. Hal ini agar pembuatan keduanya lebih rapi atau bersih. Namun, di tengah era modern saat ini, ternyata masih ada juga perusahaan yang menerima CV tulis tangan.

Baca juga: Lagu Garuda Pancasila: Pencipta, Lirik, dan Makna yang Terkandung

Bukan karena ketinggalan zaman, salah satu alasannya adalah untuk mengenali karakter calon kandidat dari tulisannya. Lalu apa yang dimaksud dengan CV? Bagaimana contoh daftar riwayat hidup dengan tulis tangan yang baik dan benar, berikut penjelasannya. 

Apa itu curriculum vitae tulis tangan?

Curriculum vitae tulis tangan adalah daftar riwayat hidup atau dokumen penting yang wajib dipersiapkan untuk melamar kerja, yang dibuat menggunakan kertas portofolio dan pena. CV adalah daftar riwayat hidup yang berisi tentang informasi mengenai sang pelamar. Umumnya CV berisi informasi pribadi seperti biodata, pendidikan, pengalaman kerja, keahlian dan hal lainnya.

Saat melamar pekerjaan, biasanya daftar riwayat hidup juga disertakan dengan surat lamaran pekerjaan, yang berfungsi sebagai surat pengantar kepada pemilik perusahaan untuk membaca daftar riwayat hidup dan memberikan wawancara kerja.

Apakah CV boleh tulis tangan?

Dewasa ini, seiring dengan kemajuan teknologi, sudah semakin banyak pelamar kerja yang mengirimkan CV pdf dan cover letter secara digital melalui email ataupun mengirim cv lewat WhatsApp. Namun, masih tidak sedikit jumlah pelamar kerja yang masih mengirimkan lamaran kerja dalam bentuk fisik seperti membuat daftar riwayat hidup tulis tangan ataupun surat lamaran kerja tulis tangan.

Cara Menulis Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara membuat daftar riwayat hidup tulis tangan:

1. Siapkan Kertas Kosong dan Alat Tulis 

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan kertas kosong seperti kertas folio bergaris. Kemudian siapkan juga alat tulis. Biasanya dokumen daftar riwayat hidup semacam ini ditulis menggunakan pulpen. Sebelum membuatnya, usahakan agar Anda sudah tahu kalimat apa yang harus ditulis. 

2. Buat Draft

Tips sederhana ini akan membantu Anda dalam menulis daftar riwayat hidup. Karena dibuat secara manual, cobalah untuk membuat draft atau konsep kalimat yang hendak Anda tulis. Hal tersebut sangat penting karena jika ada sedikit kesalahan saja, maka Anda harus membuatnya lagi dari awal.
 
3. Mulailah dengan Kalimat Sederhana

 Tapi Menarik Saat Anda selesai membuat draft, secara tidak langsung ada sedikit gambaran kalimat di kepala Anda yang harus ditulis. Supaya lebih mudah, tulislah kalimat pembuka yang sederhana tetapi menarik. Semakin Anda sering menulis, hal seperti ini akan terasa gampang dilakukan. Selain itu, dalam menyusun daftar riwayat hidup tulis tangan hindarilah coretan berlebih yang bisa merusak berkas tersebut. Dokumen ini harus dibuat serapi mungkin agar layak dibaca oleh pihak rekruter. 

4. Tulis Informasi Secara Berurutan

 Anda bisa menulis informasi dimulai dari data diri hingga data tambahan. Untuk strukturnya Anda bisa membaca kembali pada paragraf awal artikel ini. 

5. Cantumkan Kalimat Penutup

Pada umumnya, dalam dokumen daftar riwayat hidup terdapat kalimat penutup seperti ini “Demikian daftar riwayat ini saya buat sebenar-benarnya”. Kalimat ini berfungsi sebagai pernyataan bahwa daftar riwayat yang dibuat adalah jujur dan disertai tanda tangan di bagian kanan bawah dokumen ini. Begitulah cara membuat daftar riwayat hidup tulis tangan yang bisa Anda jadikan referensi. Sebagai catatan, mulailah berlatih menulis dokumen ini secara manual agar Anda tidak repot saat harus membuatnya nanti. Berkas ini memang berisi informasi ringkas tentang profil Anda. Bisanya daftar riwayat hidup menjadi dokumen pelengkap selain surat lamaran kerja dan berkas lainnya.

Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan yang baik dan benar

Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan di kertas folio di atas ditulis secara rapi, tidak banyak menggunakan tipex atau coretan. Mungkin saat membuat cv tulis tangan, siapkan lebih dari satu kertas folio untuk berjaga-jaga jika kalian ada salah menulis.

Kumpulan Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Setelah memahami cara membuatnya, Anda bisa melihat beberapa contoh daftar riwayat hidup tulis tangan berikut ini:

DAFTAR RIWAYAT HIDUP 

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Ahmad Karim 
Tempat Tanggal Lahir: Yogyakarta, 12 Maret 1984 
Jenis Kelamin: Laki-Laki 
Status: Belum Kawin 
Alamat: Jl. Merdeka No 14 Kel. Mawar Kec. Anggrek Merah Jakarta Barat 5000 
Kewarganegaraan: Indonesia 
Agama: Islam 
Nomor Handphone: 0811 2233 4xxx 
Email: [email protected] 
Pendidikan: 
SMA Pelita Harapan 2001 – 2004
Universitas Indonesia (Ekonomi) 2004 – 2008   
Pengalaman Organisasi: Anggota badan eksekutif mahasiswa (BEM) di Universitas Indonesia dari tahun 2004 – 2007
Minat dan keahlian: Public Speaking Menguasai penggunaan sistem aplikasi marketing, Penulisan Artikel, Copy Writing 

Hormat saya 

Itulah kumpulan contoh daftar riwayat hidup tulis tangan dan cara membuatnya. Sebelum menyusunnya, Anda harus mempersiapkan beberapa hal agar proses penulisan dokumen ini jadi lebih mudah. (OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat