visitaaponce.com

Manfaat Daun Tempuyung bagi Kesehatan

Manfaat Daun Tempuyung bagi Kesehatan
Daun Tempuyung.(Ist)

TAHUKAH Anda apa itu daun tempuyung? Daun tempuyung merupakan sejenis tanaman liar yang biasanya tumbuh di parit atau pinggir jalan. Tanaman yang memiliki nama latin Sonchus arvensis ini sering digunakan dalam pengobatan herbal oleh masyarakat Indonesia.

Ternyata, daun tempuyung memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat dari daun tempuyung yang terkenal adalah untuk mengobati batu ginjal. 

Dikutip dari unair.ac.id, Prof Dr Sarjito dalam penelitiannya terhadap khasiat daun tempuyung mendapati bahwa air rebusannya mengandung kalsium yang bisa memecah batu ginjal.

Tak hanya kandungan kalsium, asam amino, lipid dan hidrokarbon polimer yang ada dalam daun ini dianggap mampu menjaga Kesehatan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit.

Manfaat Daun Tempuyung

Penghancur Batu Ginjal

Seperti yang sudah disebutkan di atas, daun tempuyung dapat membantu meluruhkan batu ginjal. Penelitian Prof Dr Sarjito juga mengecek dengan sinar rontgen apakah kristal yang ada di dalam urine sudah luruh atau belum. Ternyata daun tempuyung mampu menghancurkan batu ginjal tersebut.

Mengatasi Asam Urat

Asam urat disebabkan oleh kadar asam urat (uric acid) di dalam tubuh yang terlalu tinggi (hiperurisemia). Kandungan tinggi tersebut menyebabkan penumpukan asam urat dan juga pembentukan kristal asam urat yang mengiringi jaringan. Kandungan dalam daun tempuyung dapat mendorong asam urat agar keluar melalui urine.

Menjaga Tekanan Darah

Jika tekanan darah seseorang terdeteksi sudah tinggi, makan berbagai macam gangguan kesehatan dapat terjadi. Risiko penyakit kronis juga dapat dialami oleh orang tersebut. Tekanan darah akan semakin terkendali akibat mengonsumsi daun tempuyung yang mengandung asam amino, polifenol, lipid, lupeol dan protein.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Daun tempuyung yang ditumbuk hingga halus dan ditempelkan di area luka akan membantu menyembuhkan luka tersebut. Tak hanya luka, daun tempuyung juga dapat ditempelkan di area kulit yang memar.

Mengatasi Gangguan Telinga

Jika Anda mendengar bunyi berdenging dari telinga Anda, daun ini dapat membantu meredahkannya. Gangguan telinga ini disebut dengan tinnitus. Cobalah untuk merebus daun tempuyung dan meneteskan air rebusannya ke telinga.

Antitumor dan Antikanker

Kaya akan antioksidan, daun tempuyung dapat mencegah terbentuknya tumor atau kanker pada tubuh. Kandungan flavonoid yang dikandung oleh tanaman ini dapat mencegah pembentukan radikal bebas.

Mengatasi Peradangan

Rebusan air daun tempuyung juga bermanfaat untuk menyembuhkan radang. Selain itu, daun tempuyung yang sudah ditumbuk dapat mengobati wasir dengan cara menempelkannya ke dubur.

(OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat