visitaaponce.com

Pengertian, Ciri, Dampak, Faktor, dan Cara Menghindari Pergaulan Bebas

Pengertian, Ciri, Dampak, Faktor, dan Cara Menghindari Pergaulan Bebas
Ilustrasi.(ANTARA)

SALAH satu penyebab dari perilaku melanggar norma dan hukum adalah karena pergaulan bebas. Pergaulan bebas cenderung menciptakan karakter yang tidak terkontrol. Maka, berikut adalah dampak, faktor dan cara menghindari pergaulan bebas.

Baca juga: Doa agar Penglihatan Tajam dan Mata tidak Rabun

PENGERTIAN PERGAULAN BEBAS

Pergaulan bebas adalah jalinan hubungan yang tidak terikat. Artinya, dalam pergaulan bebas, nilai yang dianut bersifat bebas dan secara langsung tidak terkontrol. Pergaulan bebas menyebabkan jalinan yang terjadi dapat menciptakan perangai yang tidak baik. Hal ini disebabkan oleh jalinan hubungan yang tidak lagi berada dalam aturan.

DAMPAK PERGAULAN BEBAS

Pergaulan bebas pada umumnya akan berakhir pada tindakan yang tidak baik dan berujung pada tindakan kriminalitas. Tindakan kriminalitas tersebut dapat berupa penggunaan obat terlarang, tindakan seks bebas, tindakan kriminalitas seperti kekerasan, dan mencuri. Hal ini akan berdampak pada hubungan dengan kerabat dan keluarga yang semakin tidak baik dan karir serta pendidikan yang tidak berkembang.

FAKTOR PENYEBAB PERGAULAN BEBAS

1. Rendahnya Tingkat Pendidikan Keluarga

Pendidikan merupakan salah satu cara untuk membentuk karakter yang baik, dan pemikiran yang lebih maju. Orang berpendidikan cenderung menghindari masalah dan menciptakan masalah. Maka, keluarga dengan tingkat pendidikan yang baik, cenderung menciptakan keluarga yang terlindungi dari pergaulan bebas yang merusak.
 
2. Keluarga Broken Home

Keluarga yang tidak akur juga adalah salah satu penyebab dari pergaulan bebas. Anak yang tidak lagi berada dalam pengawasan orang tua, dan tidak mendapat validasi serta kasih sayang dari orang tua, juga cenderung akan mencari kasih serta pergaulan di luar keluarga, yang pada akhirnya akan menjerumuskan dalam pergaulan yang bebas.

3. Ekonomi Keluarga

Selanjutnya adalah ekonomi keluarga, pada keluarga dengan kondisi ekonomi yang kurang, cenderung adanya pembiaran pada anak secara bebas, hal ini disebabkan oleh orang tua yang fokus pada mencari uang sepenuhnya. Hal ini menciptakan anak yang bergaul tanpa batas diluar, dan tidak lagi berada di dalam pengawasan orang tua. Hal ini juga dapat terjadi pada keluarga dengan kondisi ekonomi yang sangat tinggi. Orang tua yang terlalu fokus pada mencari uang juga dapat secara tidak langsung membebaskan anaknya untuk bergaul tanpa adanya pengawasan.

4. Kurang Wawasan Agama

Agama adalah salah satu panduan dalam perbuatan yang kita lakukan, dan agama juga mengajarkan hal yang baik yang harus kita lakukan. Oleh karena itu, kurangnya wawasan agama juga dapat menciptakan seseorang yang tidak lagi memiliki kesadaran atas pergaulan yang menjerumuskan.

CARA MENGHINDARI PERGAULAN BEBAS

Menghindari pergaulan bebas adalah dengan membatasi dan secara aktif ikut menyaring hubungan pertemanan yang kita jalin. Karena, secara tidak sadar, dengan menerima pertemanan tanpa adanya aksi untuk melakukan pemilahan pada teman yang dianggap sesuai untuk menciptakan pergaulan yang baik, maka nantinya kita akan secara tidak langsung akan terjerumus dalam pergaulan bebas. Maka, ciptakan aturan yang disepakati dengan diri sendiri mengenai pergaulan dan jalinan hubungan dengan orang lain. (OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat