visitaaponce.com

Manfaat Bunga Rosella, Si Merah yang Kaya Antioksidan

Manfaat Bunga Rosella, Si Merah yang Kaya Antioksidan
ilustrasi Bunga Rosella(ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

BUNGA rosella adalah salah satu jenis bunga yang berasal dari benua Afrika dan bernama latin Hibiscus Sabdrariffah. Bunga dan daun rosella biasanya diolah menjadi teh herbal dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dengan ciri khas warna merah serta rasa asam di bagian kelopak bunganya, rosella berfungsi sebagai bahan antiseptik, agen astringen. Bunga rosella juga kaya akan Vitamin C dan Beta-caroten. Selain itu, terdapat kalsium yang tinggi pada bunga rosella bersama dengan omega-3, potasium, asam esensial dan vitamin A.

Bunga ini pada umumnya digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengobati batuk, lesu, demam, tekanan perasaan, gusi berdarah dan mencegah penyakit hati.

Berikut beberapa penjelasan mengenai manfaat bunga rosella.

1. Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian menunjukkan ekstrak tanaman rosella dapat menurunkan tekanan darah khususnya pada penderita sindrom metabolik. Biasanya akan ada peningkatan pada gula darah, kolesterol, tekanan darah dan berat badan yang menandakan seseorang mengalami penurunan tekanan darah. Penggunaan teh rosella sebagai obat harus dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

2. Mengatasi kolesterol tinggi

Bunga rosella dapat menghambat penyerapan asam lemak jenuh serta membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Tidak hanya itu, bunga rosella juga dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil, menurunkan kolesterol total dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

3. Mencegah risiko obesitas

Kandungan antioksidan flavonoid dan polifenol pada tanaman rosella dapat mengurangi dan menghambat penumpukan jaringan lemak pada tubuh. Jika Anda ingin mengonsumsi teh rosella secara rutin dan ada indikasi lainnya, segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

4. Melindungi kulit wajah

Teh rosella mengandung protein esensial, asam amino, dan vitamin C yang dapat menjadikan kulit wajah lebih sehat dan cerah.

5. Mencegah penyakit jantung

Perannya dalam menurunkan tekanan darah dan mengatasi kolesterol jahat dapat memperkecil kemungkinan terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti jantung, stroke dan aterosklerosis.

6. Mengatasi infeksi dan peradangan

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam rosella dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C dapat membantu mengobati penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau peradangan.

7. Menjaga saluran pencernaan

Kandungan dalam bunga rosella disebut bisa melancarkan buang air besar sehingga mengatasi sembelit. Jika saluran pencernaan Anda sudah lancar, maka kondisi dan kesehatannya dapat terjaga.

8. Merangsang menstruasi

Bunga rosella dapat memengaruhi hormon estrogen yang berperan untuk merangsang menstruasi terjadi. Jika Anda mengalami masalah pada jadwal menstruasi maka Anda dapat mencoba untuk mengonsumsi bunga rosella. Kandungan flavonoid dalam bunga rosella dapat mengurangi rasa cemas dan depresi pada seseorang karena sifat antidepresan yang dimilikinya.

Anda dapat mengonsumsi bunga rosella dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

a. Petik bunga Rosella yang sudah mekar
b. Cuci bunga Rosella dengan air hingga bersih
c. Rebus Rosella dengan air mendidih hingga berwarna kemerahan
d. Setelah berwarna kemerahan, angkat dan tuangkan dalam gelas
e. Tambahkan madu atau gula sesuai selera Anda untuk mengurangi rasa asam
f. Teh Rosella juga dapat dinikmati saat dingin, masukan dalam kulkas dan minum teh tersebut saat masih dingin

Atau dengan cara berikut:

a. Ambil bunga Rosella yang sudah kering
b. Masukan bunga tersebut dalam gelas
c. Tuangkan air panas sesuai dengan selera
d. Tutup gelas dan tunggu selama 5 sampai 15 menit hingga warnanya berubah
e. Untuk program diet, jangan tambahkan apapun dalam teh tersebut (gula atau madu)
f. Minum secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal
(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat