visitaaponce.com

Ciri Orang yang Memiliki Sifat Qanaah

Ciri Orang yang Memiliki Sifat Qanaah
Ilustrasi bersyukur(MI/Panca S)

MANUSIA tidak lepas dari lupa dan salah, pun seringkali kurang bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT. Seringkali karena hal itu, seseorang disebut tidak qanaah, nah tapi apa sih arti dari qanaah itu? Yuk simak penjelasannya.

1. Pengertian Qanaah 

Qanaah adalah sikap rela menerima dan merasa cukup atas hasil yang diusahakannya serta menjauhkan diri dari dari rasa tidak puas dan kurang. Orang yang dengan sifat qanaah memiliki pendirian apa yang diperoleh atau yang ada didirinya adalah kehendak Allah.

Istilah qanaah dari segi bahasa berarti cukup dan merasa puas dengan setiap sesuatu yang telah dikaruniakan oleh Allah SWT sekaligus tunduk serta akur dengan karunia-Nya. Singkatnya, qanaah ini adalah sikap bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Allah SWT dan merasa cukup akan semua itu.

Hakikatnya, dalam Ilmu Tasawuf, seseorang akan merasa cukup walau penghasilannya berkurang atau justru tambah bersyukur jika penghasilan/rezekinya bertambah. Artinya, saat TPP (insentif) PNS naik sampai 300% (eselon III) dari Rp3,5 juta menjadi Rp10 juta maka dia akan bersyukur, namun saat isentif turun 50% tinggal Rp5 juta dia juga tetap bersyukur.

Menurut Muhammad Ali Al-Tirmizi, sikap qanaah ini berupa jiwa yang rela terhadap pemberian rezeki yang telah ditentukan-Nya. Kemudian menurut Abu Abdillah bin Khafif, qanaah adalah perbuatan meninggalkan angan-angan terhadap sesuatu yang tidak ada dan merasa cukup dengan sesuatu yang telah ada. Sementara itu, menurut Abu Zakaria Ansari, qanaah adalah perasaan seseorang yang merasa cukup dengan apa yang dimilikinya, terutama dalam pemenuhan keperluan hidup berupa makanan, pakaian, dan lain-lain.

Qanaah akan menyebabkan seseorang mudah bersyukur. Perhatikan firman Allah swt berikut:

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".(QS 14:7)

“Mengapa Allah akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman ? Dan Allah adalah Maha Mensyukuri lagi Maha Mengetahui".(QS 4:147)

2. Ciri-ciri orang qanaah

Ciri-ciri perilaku yang mencerminkan sikap qanaah adalah:

- Tidak pernah mengeluh dalam menghadapi kenyataan hidupnya.
- Merasa senang dengan apa yang ia miliki.
- Tidak marah bila melihat orang lain sukses.
- Rela dengan apa yang menjadi hak orang lain.
- Ikut senang bila melihat orang lain sukses.
- Menerima dengan rela apa yang telah diberikan Allah kepadanya
- Tidak tertarik oleh segala tipu daya yang bersifat duniawi.
- Tidak meminta sesuatu yang lebih dari ikhtiarnya.
- Menerima dengan sabar akan segala ketentuan Allah Swt.

3. Contoh qanaah

Ada banyak sekali perilaku dalam kehidupan yang mencerminkan qanaah. Perilaku seperti itu yang harus kita kembangkan dalam kehidupan sehari-hari, Berikut beberapa perilaku yang mencerminkan qanaah:

1. Rajin bekerja dan berusaha untuk mencapai hasil terbaik

Pengertian qanaah serta contohnya dalam islam bukan memerintahkan manusia untuk berdiam diri dan pasrah akan keadaan. Melainkan untuk senantiasa berusaha semaksimal mungkin, rajin bekerja agar mendapatkan hasil terbaik. Tak lupa tentu diiringi dengan doa agar senantiasa mendapat ridho Allah SWT.

2. Tidak mudah kecewa dan berputus asa

Nah, setelah Anda merasa sudah cukup keras berusaha namun hasilnya belum maksimal, Anda tak perlu kecewa dan putus asa. Terus lah berpasrah pada Allah SWT untuk diberikan jalan terbaik dalam hidup.

3. Hidupnya sederhana dan tidak tamak

Ketahuilah sejatinya Allah SWT dan Rasulullah SAW sangat menyukai hambanya yang hidup dengan kesederhanaan dan bisa selalu menyesuaikan diri dengan keadaan di setiap perjalanan hidupnya.

4. Selalu bersyukur atas apa karunia yang didapatkan oleh Allah SWT

Bersyukur adalah obat paling indah dalam kehidupan. Dengan bersyukur manusia akan senantiasa ikhlas menerima segala sesuatu yang telah diberikan oleh Allah SWT untuknya.

5. Tidak merasa iri serta dengki atas apa yang didapatkan oleh orang lain

Saat orang lain meraih kesuksesan atau mendapatkan sesuatu yang mungkin juga kita idamkan selama ini, Anda tak perlu iri dan dengki. Sebab percayalah Allah SWT sudah mengatur masing – masing rezeki dari setiap umatnya dengan adil.

6. Meyakini pemberian Allah SWT ialah sebuah anugerah terbaik

Sejatinya, apa yang Allah SWT berikan kepada setiap hambanya adalah anugerah yang patut kita yakini. 

Allah SWT tahu betul apa yang harus ia berikan kepada setiap hambanya. Jadi percayalah dengan berqonaah hiduppun akan jauh lebih tenang dan indah.

7. Tidak tertarik oleh tipu daya dunia

Dunia hanyalah panggung sandiwara. Merupakan kenikmatan sesaat yang tidak abadi dan suatu saat nanti akan hancur atas izin Allah SWT. 
Sebagai manusia beriman alangkah lebih baik jika kita mawas diri untuk tetap terjaga dalam iman islam kita agar tak terlena dengan surga dunia.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat