visitaaponce.com

Subvarian XBB.1.5 dari Amerika Serikat juga Perlu Diwaspadai

Subvarian XBB.1.5 dari Amerika Serikat juga Perlu Diwaspadai
Ilustrasi(Mediaindonesia.com )

Covid-19 varian omikron subvarian XBB.1.5 saat ini sedang menjadi perhatian dunia karena telah mendominasi kasus baru di beberapa negara seperti Amerika Serikat dan beberapa kasus juga ditemukan di Inggris.

"Subvarian ini evolusinya ke arah membawa penyakit ke arah jangka panjang seperti penyakit sistemik dan kronik, serta menurunkan imunitas," kata Epidemiolog Griffith University Australia Dicky Budiman, Jumat (6/1).

Sehingga tantangan dalam penanganan dan kewaspadaan masuknya varian anyar ke Indonesia lebih perlu ditingkatkan.

"Meski angka keparahan dan kematian menurun masih kemungkinan terjadi peningkatan infeksi yang tinggi. Sehingga bisa menjadi hiperendemik," ujarnya.

Hiperendemik kasus dan jumlah di komunitas meningkat di luar prediksi saat ini yang dihadapi dunia. Apalagi ancaman varian anyar baru dari Amerika Serikat yang perlu meningkatkan waspada.

"Sehingga peraturan pemakaian masker harus jelas. Yang menjadi masalah pemerintah adalah strategi komunikasi publiknya," ungkap Dicky.

Meski Indonesia memiliki herd immunity yang tinggI tapi tidak menutup kemungkinan setiap individu kebal apalagi vaksin yang berlaku hanya 6 bulan dan belum ada kewajiban vaksin booster kedua. (OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat