visitaaponce.com

Diajak Mencintai Mata Apapun Pekerjaannya Dalam World Sight Day 2023

 Diajak Mencintai Mata Apapun Pekerjaannya Dalam World Sight Day 2023
Ilustrasi(Ist)

Optik Melawai merayakan World Sight Day atau Hari Penglihatan Sedunia yang jatuh setiap 12 Oktober, dengan mengajak para pekerja untuk peduli pada kesehatan mata. Para pekerja menghabiskan waktu delapan jam sehari, dan bahkan lebih, dengan tingkat risiko yang tinggi terpapar sinar ultarviolet dan sinar biru.

Melalui kampanye "Love Your Eyes at Work", mereka berharap apapun pekerjaan dan profesinya, tetap mencintai mata dengan melakukan tindakan-tindakan preventif yang dapat menjaga kesehatan mata. Memakai kacamata saat berada di luar ruangan, atau memakai kacamata anti-sinar biru saat bekerja menggunakan laptop atau ponsel.

Baca juga : Mata Juling Ternyata Bisa Disembuhkan

"Pada momen World Sight Day 2023 ini kami ingin menumbuhkan kesadaran mengenai pentingnya menjaga kesehatan mata selama bekerja terutama dengan penggunaan perangkat digital dan paparan sinar UV yang mau tidak mau dihadapi, terutama oleh pekerja di Indonesia," kata Eddyanto Hadisurjo, Managing Director Optik Melawai.

Melalui kampanye ini Optik Melawai memberi apresiasi pada tiga profesi berbeda yang dalam kesehariannya memerlukan kesadaran penuh menjaga kesehatan mata untuk menunjang pekerjaan sehari-hari. Tentu di luar sana setiap profesi dan pekerjaan sama pentingnya untuk menjaga kesehatan mata. Ketiga profesi itu adalah pekerja kantoran, atlet, dan pengemudi ojek online. "Menurut saya menjaga kesehatan mata sangat penting apalagi Saya sebagai desainer grafis yang mengharuskan saya melihat layar komputer dalam waktu yang cukup lama agar menghasilkan desain yang terbaik,” kata Sheila, pekerja kantoran bidang desain grafis.

Pengalaman menjaga kesehatan mata lainnya datang dari atlet Ade Mustikiana Oktafiani. Sebagai atlet sepakbola wanita, Ade mengenakan lensa kontak dalam aktivitas olahraga. Ade juga menjaga mata melalui nutrisi makanan dan minuman. “Kesehatan mata penting banget karena bisa memengaruhi prestasi saya di lapangan, maka itu saya menjaga pola makan saya untuk memberikan nutrisi yang baik untuk kesehatan saya.”

Sosok pekerja ketiga adalah pengemudi ojek online. Bagi mereka yang menghabiskan waktu lebih banyak di luar ruangan, khususnya di jalan, mengenakan kacamata sangat penting. Debu jalanan berikut sinar ultraviolet yang tinggi dari Matahari dapat mengancam kesehatan mata. Hal itu juga yang dialami Dede Suryana, pengemudi ojek online. “Saya menggunakan kacamata hitam agar terhindar dari debu dan sinar Matahari, dengan begini saya terus bekerja untuk membahagiakan keluarga saya,” ucap Dede.

Selain menggunakan kacamata anti-sinar ultraviolet, anti-sinar biru, kacamata hitam, atau lensa kontak, menjaga kesehatan mata dilakukan dengan melakukan pemeriksaan mata secara berkala. Bagi pekerja yang menghabiskan banyak waktu di depan gawai atau layar komputer, menjaga kesehatan mata disarankan dengan menjalankan pola 20-20-20, yaitu membatasi melihat gawai atau layar komputer selama 20 menit, dan kemudian mengistirahatkan mata selama 20 detik dengan melihat objek yang berjarak 20 meter jauhnya. (B-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat