visitaaponce.com

Anies Ingin Guru Bekerja dengan Tenang

Anies Ingin Guru Bekerja dengan Tenang
Calon Presiden Anies Baswedan(Antara/Bayu Pratama)

CALON presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan menginginkan seluruh guru di Indonesia dapat bekerja dengan tenang. Ia mengatakan makna bekerja dengan tenang bagi para guru adalah saat diperolehnya kejelasan status dan pendapatan yang layak. Hal itu disampaikannya tepat dalam perayaan Hari Guru Nasional yang jatuh tiap 25 November.

"Artinya mereka memiliki kejelasan status, memiliki kepastian tentang pendapatan, sehingga mereka bisa konsentrasi mendidik anak kita dengan baik," ujar Anies, Sabtu (25/11).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada pemerintahan Presiden Joko Widodo periode pertama itu mengingatkan, sidik jari guru melekat pada semua orang saat menulis. Baginya, guru adalah pihak yang sangat berjasa, termasuk dalam urusan pembangunan yang kerap dilupakan.

Baca juga : Kesejahteraan Guru dan Dosen Kunci Kualitas Pendidikan Anak Bangsa

"Di balik pembangunan itu ada peran guru yang sering tak tersebutkan namanya. Kami ingin sampaikan terima kasih kepada semua yang telah memilih menjadi guru, kepada semua yang telah memilih menjadi pendidik," tandasnya.

Dalam dokumen visi-misi berjudul Indonesia Adil Makmur untuk Semua, Anies bersama calon wakil presidennya, Muhaimin Iskandar, menegaskan guru dan tenaga kependidikan penting untuk diperbaiki kompetensi serta kesejahterannya. Itu termasuk mengangkat guru honorer yang menunjukkan kinerja baik.

Salah satu agenda pasangan yang akrab disebut Amin itu adalah meningkatkan secara signifikan kesejahteraan guru dan tenaga kependidikan. Peningkatan kualitas guru dilakukan melalui berbagai pelatihan serta beasiswa pendidikan lanjutan, baik di dalam maupun luar negeri.

Amin juga ingin agar beban administrasi guru berkurang dengan pemanfaatan teknologi serta pembentukan satu data dan sistem terintegrasi. Selain itu, pasangan yang diusung Partai NasDem, PKB, dan PKS itu juga ingin memberikan kepastian jenjang dan jalur karier bagi profesi guru secara transparan, berbasis meritokrasi, dan sesuai minat. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat