visitaaponce.com

Indonesia MICE Youth Challenge Tantang Mahasiswa Adu Kreativitas

Indonesia MICE Youth Challenge Tantang Mahasiswa Adu Kreativitas
The Indonesia MICE Youth Challenge 2024 digelar pada 29-30 Juli 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).(Dok IECA)

INDONESIA Exhibition Companies Association (IECA) bekerja sama dengan Indonesia Congress and Convention Association (INCCA) akan menyelenggarakan The Indonesia MICE Youth Challenge 2024 pada 29-30 Juli 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

Indonesia MICE Youth Challenge merupakan kompetisi yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa di bidang MICE, bisnis, dan pariwisata untuk mengekspresikan kreativitas mereka dan menampilkan ide-ide inovatif kepada industri.

Indonesia MICE Youth Challenge juga untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa mendapatkan pengalaman industri dengan mengembangkan konsep, menguji coba bisnis, dan mengatur acara MICE.

Baca juga : Dorong Ekonomi Kreatif, USG Education Gelar Noble Scholar Competition 

Hosea Andreas Runkat, Ketua IECA, berharap kompetisi Indonesia MICE Youth Challenge dapat menghasilkan ide-ide baru untuk pasar Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) di Indonesia. 

Industri MICE di Indonesia membutuhkan ide-ide baru dan orisinil dari anak muda, terutama mereka yang sedang menempuh pendidikan di bidang MICE, bisnis, atau pariwisata. 

“Kami sangat senang dapat menyediakan platform dan kesempatan bagi profesional MICE Indonesia di masa depan untuk berkreasi sekaligus terhubung dengan rekan-rekan daerah lain yang berpartisipasi untuk menginspirasi ide dan berbagi semangat untuk bisnis ini," terang Andre, di Jakarta, Selasa (23/4).

Baca juga : Universitas Prasetiya Mulya Asah Kreativitas Mahasiswa Kembangkan MICE

Iqbal Alan Abdullah, Ketua INCCA meyampaikan, melihat dinamika industri MICE yang mulai ada perubahan dari konvensional ke teknologi, dituntut untuk ada inovasi baru dari generasi muda agar menjadi lebih unggul dan contoh bagi dunia.

“Industri MICE Indonesia membutuhkan inovasi dan pemikiran visioner. Sudah saatnya mahasiswa mengeluarkan ide-ide ‘gilanya’ agar bisa menjawab kebutuhan pelaku industri untuk saat ini dan 10 tahun ke depan, sehingga Indonesia menjadi destinasi MICE unggulan di Asia,” ungkap Iqbal.

Selanjutnya, kompetisi bertujuan menciptakan daya saing sumber daya manusia (SDM) yang tinggi agar mampu mengkombinasikan penyelenggaraan event konvensional bersanding dengan teknologi terkini.

Baca juga : Kapolda Gorontalo Ajak Anggota Polisi, KNPI dan Mahasiswa Nobar Film 'Uti Deng Keke'

“Sehingga, para peserta dari luar negeri yang berhalangan hadir karena alasan suatu hal tetap tidak kehilangan momen, tapi peserta tersebut tetap berbayar dengan menggunakan akses teknologi tertentu,” urainya. 

Ia juga berharap dari 36 program studi MICE di Indonesia, masing-masing kampus mengirimkan perwakilannya lebih dari satu. "Pemenangnya nanti kita sponsori ikut kompetisi lagi di level Asia hingga dunia,” pungkas Iqbal.

Deputi Bidang Produk Pariwisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Vinsensius Jemadu mengapresiasi Indonesia MICE Youth Challenge yang diinisiasi IECA dan INCCA dalam mempersiapkan SDM handal dan profesional.

Baca juga : Sandiaga Uno: Desa Wisata Kubah Basiri Tawarkan Sensasi Susur Sungai

“Ini selaras dengan perkembangan di Kemenparekraf yakni semangat yang adaptif, kolaboratif, dan inovatif. Kita akan support dengan resources yang ada, kemudian memperluas lagi dari sisi kualitas dan kuantitas untuk kami kirimkan ke level regional dan global,” ujarnya.

Ia juga menegaskan untuk penyelenggaraan kegiatan MICE ke depannya tidak harus hadir ke lokasi, tidak harus ke negara penyelenggara. “Sudah saatnya mengarah ke sana dan kita harus mengantisipasinya dari sekarang,” tutup Vinsensius.

Kompetisi Indonesia MICE Youth Challenge ini akan dinilai tim juri dari perwakilan IECA, INCCA, Professional Exhibition Organizer (PEO), Professional Convention Organizer (PCO), dan Kemenparekraf. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat