visitaaponce.com

Dokter TNI AL Bantu Persalinan Darurat di Kapal Penumpang Manado-Tahuna

Dokter TNI AL Bantu Persalinan Darurat di Kapal Penumpang Manado-Tahuna
Dokter TNI AL Letda Laut (K) dr. Riezqi Bakrie bersama bayi yang dibantunya lahir di Kapal Penumpang Manado-Tahuna.(MI/HO)

PERTOLONGAN persalinan darurat berhasil dilakukan oleh prajurit TNI Angkatan Laut (TNI AL),  Dokter TNI AL Letda Laut (K) dr. Riezqi Bakrie terhadap penumpang KM Mercy Teratai jurusan Manado-Tahuna, Stella Senggihilang, 22, yang juga sedang menggunakan transportasi tersebut, Rabu (24/4).

Peristiwa berawal saat KM Mercy Teratai, yang berlayar menuju Tahuna, mengumumkan ada ibu hamil yang membutuhkan pertolongan medis dan membutuhkan dokter atau tenaga medis yang diharapkan bersedia membantu proses persalinan.

Letda Laut (K) dr. Riezqi Bakrie, personel Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tahuna, yang kebetulan selesai melaksanakan cuti mencoba memeriksa keadaan ibu hamil tersebut. 

Baca juga : HPV Bisa Menular dari Ibu ke Bayi

Dari pemeriksaan medis, keadaan ketuban sudah pecah 10 menit yang lalu dan bukaan rahim sudah lengkap dan kepala bayi sudah teraba di jalan lahir.

Dengan sigap, Letnan Riezqi langsung berkoordinasi dengan kapten kapal dan RS di pulau terdekat untuk melaksanakan evakuasi jika persalinan terdapat kendala. 

Menggunakan alat seadanya dan dibantu perawat dari Tahuna yang kebetulan ada di kapal juga, pertolongan persalinan pun dimulai di kamar penumpang kapal yang sempit.

Baca juga : Kapal Rumah Sakit Menuju Palestina Menunggu Izin Teritorial

Proses persalinan darurat tersebut berjalan lancar sehingga berhasil lahir sehat seorang bayi laki laki dengan berat badan 3,115 kg dan tinggi badan 48 cm. 

Setelah evaluasi persalinan didapatkan perdarahan aktif sedang pada ibu bayi karena robekan di jalan lahir, karena keterbatasan alat pertolongan medis. 

Kapten kapal kemudian diarahkan untuk singgah di Pulau Siau untuk evakuasi darurat. Pasien kemudian dijemput dokter jaga, ambulans RS Siau, dan personel Pos TNI AL yang berada di Pulau Siau di Pelabuhan Penumpang Siau.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan prajurit TNI Angkatan Laut harus memiliki dedikasi tinggi untuk membantu masyarakat yang sedang mengalami kesulitan. (RO/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat