visitaaponce.com

Sysmex Indonesia CEO Forum 2024 Bahas Transformasi Digital Kesehatan

Sysmex Indonesia CEO Forum 2024 Bahas Transformasi Digital Kesehatan
Sysmex Indonesia CEO Forum 2024(Dok Sysmex Indonesia)

ACARA tahunan Sysmex Indonesia CEO Forum kembali digelar pada Kamis (16/5/2024) di Raffles Hotel, Jakarta. Forum yang diinisiasi perusahaan in-vitro diagnostic (IVD) PT Sysmex Indonesia ini dihadiri lebih dari 150 jajaran direktur dari 90 institusi rumah sakit dan laboratorium di Indonesia.

Pada penyelenggaraan ke-3 kali ini, Sysmex Indonesia CEO Forum 2024 mengambil tema Leadership in the Digital Health Revolution: Navigating Change and Cultivating Innovation.

Sysmex Indonesia CEO Forum 2024 menjadi wadah bagi para pemimpin industri kesehatan untuk berjejaring, berbagi pengetahuan dan pengalaman, menjawab tantangan, serta merumuskan strategi bersama dalam memajukan sistem kesehatan Indonesia melalui integrasi teknologi digital.

Baca juga : Cegah Peredaran Alat Kesehatan Palsu, idsMED Gelar Talkshow dan Edukasi

President & CEO Sysmex Asia Pacific Frank J. Buescher memaparkan, tidak hanya melakukan bisnis di industri IVD, perusahaannya ingin berkontribusi lebih jauh sebagai mitra pemerintah, rumah sakit, laboratorium, dan asosiasi kesehatan lainnya dalam melakukan edukasi serta pembaharuan pengetahuan di bidang kesehatan. Hal itu sesuai dengan misi Sysmex untuk berkontribusi dalam pengembangan kemajuan pelayanan kesehatan.

Perkembangan teknologi yang cepat termasuk dalam industri kesehatan, seperti layanan telemedisin, kecerdasan buatan (AI), analisis big data, dan teknologi sensor, mengubah pemahaman penyedia fasilitas kesehatan dalam mendiagnosis, serta mengelola kesehatan.

Hadirnya Sysmex Indonesia CEO Forum 2024 diharapkan dapat menggali potensi transformasi digital dalam konteks Indonesia yang memiliki tantangan dan peluang unik dalam mempercepat terwujudnya sistem kesehatan yang inklusif, efisien, dan inovatif.

Baca juga : Illumina Bantu Terbentuknya Biomedical & Genome Science Initiative

Transformasi digital sendiri merupakan salah satu pilar yang digaungkan oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin sejak 2022. Namun, pada pelaksanaannya, transformasi digital menghadapi berbagai tantangan untuk dapat diadopsi oleh para penyedia fasilitas kesehatan.

Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes Lucia Rizka Andalucia mengapresiasi kehadiran CEO Forum 2024 yang diinisiasi oleh Sysmex Indonesia.

"Kami percaya bahwa kolaborasi antara pemimpin serta penentu keputusan di rumah sakit dan laboratorium adalah kunci dalam menghadapi tantangan kesehatan yang kompleks. Kami berharap forum ini akan menjadi titik awal bagi kerja sama yang lebih erat antar berbagai pihak dalam mempercepat transformasi kesehatan di Indonesia," ujarnya.

Baca juga : Kemenkes Arab Saudi bersama Binawan Rekrut 220 Perawat Indonesia

Staf Ahli Teknologi Kesehatan Kementerian Kesehatan Setiaji menambahkan, digitalisasi kesehatan adalah kunci untuk meningkatkan akses, efisiensi, dan kualitas layanan medis di masa depan. Dengan kolaborasi dan komitmen bersama seperti yang diinisiasi Sysmex, katanya, akan mempercepat terwujudnya layanan kesehatan yang prima.

Sysmex Indonesia CEO Forum 2024 ini juga memberikan perspektif lain dari rumah sakit swasta. CEO Siloam Group Caroline Riady melihat bahwa acara tersebut bermanfaat untuk mengetahui situasi dan berstrategi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit.

"CEO forum yang diinisasi oleh Sysmex Indonesia ini merupakan forum untuk berbagi pengalaman dan meningkatkan wawasan dalam menghadapi situasi, tantangan, dan implementasi teknologi digital dalam mengakselerasi inovasi pelayanan kesehatan terutama di rumah sakit swasta. Siloam juga selalu berperan dalam pelayanan pasien dan peningkatan layanan kesehatan di Indonesia," paparnya. (H-2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat