visitaaponce.com

Universitas Siber Asia Luluskan 53 Wisudawan Berdaya Saing Global

Universitas Siber Asia Luluskan 53 Wisudawan Berdaya Saing Global
Universitas Siber Asia meluluskan 53 wisudawan / wisudawati angkatan pertama dari 5 program studi pembelajaran jarak jauh pada jenjang S1.(Mi / Putra Ananda)

PERGURUAN Tinggi Swasta (PTS) Universitas Siber Asia meluluskan 53 wisudawan / wisudawati angkatan pertama dari 5 program studi pembelajaran jarak jauh pada jenjang S1. Wisuda ini menjadi tonggak sejarah penting bagi perjalanan UNSIA, yang diresmikan oleh Wakil Presiden RI, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, pada tahun 2020. 

Kegiatan seremonial wisuda berlangsung secara luring dan juga daring dengan teknologi metaverse dan virtual reality. Tiga diantaranya wisudawan yang hadir secara online, merupakan warga negara Indonesia yang saat ini berdomisili di Korea Selatan.

Rektor dan jajaran pimpinan menggunakan teknologi metaverse, untuk melantik mahasiswa di program studi informatika yang berdomisili di Korea Selatan. Pada saat pelantikan, rektor dan jajaran menggunakan alat virtual reality (VR) yang disematkan di kepala dan tangannya. Pelantikan secara metaverse ini disaksikan oleh seluruh peserta yang hadir dalam wisuda perdana UNSIA.

Baca juga : Lengkap 30 Ide Ucapan Selamat Lulus Sekolah dan Wisuda

‘’Kami sangat bangga kepada para wisudawan yang dilantik hari ini, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan juga luar negeri. Hal ini sejalan dengan visi dan misi UNSIA untuk mendukung program pemerintah, yaitu untuk meningkatkan jumlah usia produktif lulusan SMA/SMK dan se-derajat yang melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi. Penggunaan teknologi metaverse ini merupakan bentuk komitmen kami sebagai universitas cyber untuk selalu menghadirkan teknologi terkini yang mendukung pembelajaran di UNSIA di era Cyber Society,’’ papar Rektor UNSIA, Prof. Jang Youn Cho di Jakarta, Minggu (23/6). 

Jang Youn Cho menambahkan, UNSIA akan segera menambah program studi baru di jenjang S1 dan S2, yaitu dengan membuka Magister Administrasi Bisnis, Komputer dan Komunikasi serta program studi S1 PJJ Bahasa Korea. UNSIA pun terus melakukan kolaborasi dan kerjasama dengan berbagai institusi di luar negeri, guna mendukung cita-cita menjadi Universitas yang terkemuka di kawasan ASEAN, dan menjadi hub atau penghubung universitas Cyber di kawasan Asia.

Pada wisuda kali ini, wisudawan mendapatkan pembekalan dari Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pada periode tahun 2014-2019 Mohamad Nasir. Dalam sambutannya sebagai keynote speaker Nasir menyampaikan bahwa Universitas harus memiliki langkah strategi untuk menyikapi tantangan di era industri 4.0 dan era society 5.0.

Baca juga : Ucapan Selamat Wisuda dalam Bahasa Inggris yang Berkesan

‘’Perguruan Tinggi harus berdaya saing dalam bidang perubahan & pembaharuan pendidikan yang mengkombinasikan keunggulan akademik, kebutuhan pasar dan kebutuhan masyarakat,” ungkapnya. 

Kedua lanjutnya keunggulan penelitian, publikasi dan sitasi. Ketiga, kerjasama/sinergi dengan industri, pemerintah, asosiasi profesi, lembaga pendidikan dan pengujian di dalam dan luar negeri termasuk pertukaran dosen dan mahasiswa. Keempat, akreditasi peningkatan mutu secara berkelanjutan. Kelima, akreditasi nasional dan internasional untuk menuju kampus World Class University. 

“Adanya big data membuat IT security menjadi sangat penting. Ada juga AI yg perlu diantisipasi dengan baik agar kita tidak jadi penonton saja. perkembangan big data, ai, robotik akan mendisrupsi kehidupan,” ujar pria yang juga staf khusus Wakil Presiden Republik Indonesia

Baca juga : Politeknik Sahid Gelar Wisuda ke-36 secara Virtual

Sementara itu, Kepala Lembaga Layanan Pendididkan Tinggi (LLDikti) wilayah III Toni Toharudin yang hadir saat wisuda turut memberikan pesan kepada para wisudawan UNSIA.

‘’Saat ini lulusan perguruan tinggi menyumbang sekitar 10% angka pengangguran dari total pengangguran terbuka pada tahun 2022 sebesar 9 juta. Untuk itu, wisudawan harus berjuang menunjukkan kemampuannya yang maksimal, dan perguruan tinggi juga harus menyelaraskan kurikulum pendidikannya dengan perkembangan dunia industri,’’ tegasnya.

Ucapan selamat dan motivasi juga disampaikan oleh Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia Lee Sang-deok kepada wisudawan UNSIA melalui video sambutan. Duta besar menegaskan bahwa pihaknya akan memberikan dukungan secara aktif untuk pertumbuhan Universitas Siber Asia.

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati atas keberhasilan kalian dalam menempuh pendidikan di Universitas Siber Asia yang telah mengajarkan kalian keterampilan dan teknologi untuk berkembang di lanskap digital yang dinamis ini. Sesuai dengan misi universitas, saya yakin bahwa Anda akan memberikan kontribusi yang besar bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi revolusi industri ke-4,’’ ujarnya. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat