visitaaponce.com

Hamas Gelar Pemilihan Pemimpin di Gaza Pekan Ini

Hamas Gelar Pemilihan Pemimpin di Gaza Pekan Ini
Wanita Palestina mencari nama mereka dalam daftar pemilih di suatu sekolah di Kota Gaza menjelang pemilu.(AFP/Mohammed Abed.)

AKTIVIS Hamas akan memilih pemimpin de facto kelompok itu di Gaza. Sumber Hamas mengatakan hal tersebut kepada AFP pada Selasa (9/3).

Posisi kuat saat ini dipegang oleh Yahya Sinwar. Ialah mantan komandan cabang militer Hamas yang menjalani lebih dari dua dekade di penjara Israel sebelum dibebaskan pada 2011 sebagai bagian dari pertukaran tahanan.

Sinwar merupakan satu dari lima kandidat yang ikut serta dalam pemilihan. Salah satu yang lain ialah Nizar Awadallah, mantan Ketua Dewan Syura Hamas.

Sumber Hamas, yang tidak mau disebut namanya, mengatakan pemungutan suara akan diadakan pada minggu ini dan hasilnya diumumkan pekan depan. Sinwar terpilih untuk jabatan itu pada 2017.

Jajak pendapat itu dilakukan menjelang pemilihan legislatif Palestina pada 22 Mei. Ini merupakan pemungutan suara Palestina pertama dalam 15 tahun.

Baca juga: Sanksi AS Persulit Suriah kembali ke Liga Arab

 

Hamas, menguasai Gaza yang diblokade Israel sejak 2007, merupakan pemain kunci dalam pemungutan suara itu. Kelompok yang dicap teroris oleh Amerika Serikat dan Arab Saudi itu akan memperebutkan suara rakyat bersaing dengan gerakan Fatah yang dipimpin oleh presiden Palestina Mahmud Abbas. Fatah mengontrol Tepi Barat yang diduduki Israel.

Pemilihan internal Hamas biasanya diselimuti kerahasiaan, tetapi beberapa pemimpin di kelompok Islamis itu menyerukan transparansi yang lebih besar.

Ketua Umum Hamas Ismail Haniyeh saat ini berbasis di Qatar. Pemilihan untuk jabatan itu juga diharapkan segera dengan Haniyeh akan mencalonkan diri melawan wakilnya Jamal al-Aruri dan mantan Kepala Hamas Khaled Meshal. Selain sayap politiknya, Hamas memiliki ribuan pejuang di Gaza. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat