visitaaponce.com

Abbas Tunda Pemilu Palestina, Hamas Mengecamnya

Abbas Tunda Pemilu Palestina, Hamas Mengecamnya
Pendukung Hamas berdemonstrasi di Jabalia di Jalur Gaza, Jumat (30/4), menyusul penundaan pemilihan Palestina yang akan datang.(AFP/Mohammed Abed.)

PRESIDEN Palestina Mahmud Abbas mengumumkan bahwa pemilihan umum ditunda sampai Israel menjamin pemungutan suara dapat dilakukan di Yerusalem timur yang dicaplok. Berbicara dalam pertemuan faksi-faksi Palestina, Abbas mengatakan dia telah mendesak komunitas internasional untuk mendorong Israel mengizinkan kampanye dan pemungutan suara di Yerusalem timur, daerah yang dicaplok oleh negara Yahudi pada 1967 yang diklaim Palestina sebagai ibu kota masa depan mereka.

Namun Abbas mengatakan, Jumat (30/4), pemungutan suara tidak dapat dilanjutkan karena Israel tidak memberikan jaminan mengenai Yerusalem menjelang pemilihan legislatif dan presiden yang dijadwalkan masing-masing pada 22 Mei dan 31 Juli. Warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki Israel dan Jalur Gaza yang diblokade telah menyuarakan harapan bahwa pemilu berlangsung setelah penantian 15 tahun untuk membantu memperbaiki sistem politik mereka yang retak.

Pemungutan suara itu dilakukan menyusul kesepakatan antara gerakan sekuler Fatah Abbas yang mengontrol Tepi Barat dan saingan lama Hamas, yang menguasai Gaza. Hamas pada Jumat mengecam penundaan Abbas sebagai kudeta terhadap kemitraan (mereka) dan mengatakan dia akan memikul tanggung jawab penuh atas keputusan dan konsekuensinya.

Baca juga: Malam ini Palestina Putuskan Pemilu Lanjut atau Batal

Penundaan itu berisiko mengobarkan ketegangan dalam masyarakat Palestina yang terpecah secara politik. Para pengunjuk rasa di ibu kota politik Tepi Barat Ramallah dengan cepat mengecam langkah Abbas.

"Kita memiliki seluruh generasi muda yang tidak tahu apa arti pemilu," kata pengunjuk rasa Tariq Khudairi kepada AFP. "Generasi ini berhak memilih pemimpinnya," katanya.

Warga Palestina juga bentrok di Yerusalem timur dengan polisi Israel yang menggunakan gas air mata untuk membubarkan pengunjuk rasa di luar tembok Kota Tua. Pengkritik Abbas menuduh bahwa dia akan menggunakan masalah Yerusalem untuk mengulur waktu karena prospek politik Fatah memburuk.

Baca juga: Bencana Gunung Meron, Netanyahu Tetapkan Minggu Hari Berkabung

Hamas, yang dianggap sebagai kelompok teroris oleh sebagian besar negara Barat, dipandang lebih terorganisasi daripada Fatah dan ditempatkan dengan baik untuk mendapatkan tempat di Tepi Barat.

Abbas juga menghadapi tantangan dari kelompok sempalan Fatah, termasuk satu yang dipimpin oleh Nasser al-Kidwa, keponakan dari pemimpin ikonik Palestina Yasser Arafat, dan satu lagi oleh mantan kepala keamanan Fatah yang kuat dan diasingkan, Mohammed Dahlan. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat