visitaaponce.com

Serangan Israel Tewaskan 29 Warga Palestina

Serangan Israel Tewaskan 29 Warga Palestina
Seorang ibu di Palestina bereaksi setelah kerabatnya tewas akibat serangan Israel.(AFP/SAID KHATIB)

BENTROK antara militer Israel dan pejuang di Gaza pada Kamis (11/5) telah menewaskan 29 orang Palestina dan satu di Israel. Beberapa korban ialah anak-anak.

"Tembakan roket dari Jalur Gaza menewaskan satu orang di kota Rehovot, Israel tengah, dan melukai sedikitnya dua orang," kata polisi Israel.

Tiga lainnya menderita luka pecahan peluru di tempat lain di Israel. Mesir menengahi upaya menuju gencatan senjata antara Israel dan kelompok militan Jihad Islam, sementara Uni Eropa menyerukan gencatan senjata segera.

Baca juga: Mesir Desak Israel dan Palestina Gencatan Senjata

"Kami mendesak gencatan senjata komprehensif segera yang akan mengakhiri operasi militer Israel di Gaza dan penembakan roket saat ini terhadap Israel, yang tidak dapat diterima," kata Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell dalam sebuah pernyataan.

Amerika Serikat tidak meminta gencatan senjata, tetapi Juru Bicara Departemen Luar Negeri Vedant Patel mengatakan kabar banyaknya korban dari pertikaian itu sangat memilukan. Washington menyerukan kepada semua pihak untuk mengambil langkah-langkah hati-hati untuk mencegah hilangnya nyawa warga sipil.

Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock mengatakan pertumpahan berdarah di Gaza harus diakhiri secepat mungkin. Sementara PBB memperingatkan dampak negatif pada situasi kemanusiaan yang sudah sulit di Gaza.

Baca juga: Israel dan Militan Palestina saling Kirim Puluhan Roket

Militan Gaza telah menembakkan 620 roket ke Israel dengan 179 telah dicegat oleh sistem pertahanan udara. Mereka mengatakan 25% roket yang ditembakkan dari Gaza jatuh di wilayah sendiri yang menewaskan empat orang, termasuk tiga anak di bawah umur.

Toko-toko di Gaza ditutup dan jalan-jalan sebagian besar ditinggalkan ketika pesawat militer Israel menyerang sejumlah pemukiman sipil. Jihad Islam mengonfirmasi telah kehilangan lima pemimpin militer Israel, termasuk Ahmed Abu Deka dan Ali Ghali, komandan unit peluncuran roket yang juga dibunuh oleh Israel. (AFP/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat