visitaaponce.com

Seorang Perempuan di Australia Terluka Parah Diserang Hiu Banteng

​ Seorang Perempuan di Australia Terluka Parah Diserang Hiu Banteng
Hiu Banteng(AFP/ SIMON FRASER UNIVERSITY/JAMES CO)

Seorang perempuan terluka parah dan harus dilarikan ke rumah sakit ketika seekor hiu menyerangnya di dekat Pelabuhan Sydney, Australia, Selasa (30/1). Menurut pihak kepolisian, perempuan itu sedang berenang di dermaga di Elizabeth Bay, kurang dari dua kilometer (1,2 mil) dari Sydney Opera House.

“Korban menderita cedera serius di kaki kanannya,” kata polisi New South Wales dalam sebuah pernyataan.

Menurut polisi insiden semacam ini jarang terjadi di Pelabuhan Sydney. Peristiwa terakhir terjadi pada 2009 lalu, ketika seorang penyelam angkatan laut Australia diserang hiu banteng yang menggigit lengan dan kakinya di Teluk Woolloomooloo.

Menurut Sydney Morning Herald , perempuan yang menjadi korban serangan hiu kali ini adalah Lauren O'Neill, yang berusia 29 tahun.

"Saya pulang kerja dan duduk di sofa. Saya mendengar teriakan minta tolong di luar jendela," kata warga sekitar, Michael Porter, kepada wartawan yang ikut membantu menolong korban.

Di luar, dia melihat wanita itu mencoba menaiki dermaga. "Kakinya terkoyak serta penuh darah," kata Porter. Seorang dokter hewan yang tinggal di dekatnya segera memberikan pertolongan pertama.

“Wanita itu kini dalam kondisi stabil dan menjalani perawatan intensif di rumah sakit St Vincent,” kata juru bicara rumah sakit.

“Dari analisis dari gigitan hiu dan gambar yang diberikan oleh pihak berwenang perempuan itu kemungkinan besar digigit hiu banteng, “ kata Amy Smoothey, pakar hiu.

Menurut dia hiu lebih aktif mencari makan dalam cahaya redup saat fajar dan senja. "Itu merupakan waktu yang sangat berisiko untuk berenang di pantai,” ujarnya kepada stasiun televisi ABC.

Para ilmuwan telah menandai 87 hiu banteng besar di Pelabuhan Sydney sejak tahun 2009, kata Smoothey.

“Berdasarkan data, jumlah hiu banteng di pelabuhan itu berada pada titik tertinggi pada bulan-bulan musim panas Australia, terutama pada Januari dan Februari,” katanya.

Pada Februari 2022, seorang instruktur selam asal Inggris berusia 35 tahun, Simon Nellis, tewas diserang hiu di pantai laut Little Bay Sydney. Itu merupakan serangan fatal pertama di kota itu sejak tahun 1963. (AFP/M-3)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat