visitaaponce.com

Harga Beras Ekspor Vietnam Kembali ke Posisi Teratas Dunia

Harga Beras Ekspor Vietnam Kembali ke Posisi Teratas Dunia
ilustrasi sawah.(VNA/VNS Photo Vũ Sinh)

HARGA beras Vietnam di pasar global naik sebesar US$3 hingga US$8 per ton pada minggu lalu, mendorong negara Asia Tenggara ini kembali ke posisi teratas dalam hal harga beras ekspor, Vietnam News Agency melaporkan, Senin (6/5), mengutip Asosiasi Pangan Vietnam (VFA).

Melansir Xinhua, harga beras pecah 5% di Vietnam, sebesar US$585 (sekitar Rp9,3 juta) per ton, lebih tinggi US$3 per ton untuk jenis yang sama di Thailand, dan US$10 per ton lebih tinggi untuk produk yang sama di Pakistan, kata VFA.

Sementara untuk beras pecah 25% di Vietnam dihargai US$555 per ton. Adapun harga beras pecah 100% di negara ini tetap stabil pada angka US$470 per ton, namun tetap lebih tinggi dibandingkan Thailand dan Pakistan.

Vietnam mampu meraup US$2,08 miliar (sekitar Rp32 triliun) hanya dalam empat bulan pertama tahun ini dari mengekspor 3,23 juta ton beras. Angka itu naik 36,5% dalam hal nilai dan 11,7% dari segi volume dibandingkan periode yang sama tahun lalu, menurut Kementerian Pertanian dan Pembangunan Pedesaan negeri komunis tersebut.

Produksi beras Vietnam diperkirakan mencapai 43 juta ton pada 2024. Jumlah itu mampu menjamin konsumsi dalam negeri dan memenuhi permintaan ekspor lebih dari 8 juta ton, kata kementerian. (B-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Haufan Salengke

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat