visitaaponce.com

Hamas dan Jihad Islam Ajukan Respons Gencatan Senjata ke Mediator Internasional

Hamas dan Jihad Islam Ajukan Respons Gencatan Senjata ke Mediator Internasional
Ilustrasi - Hamas dan Jihad Islam Palestina telah menyatakan kesediaan untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata di Gaza(Unrwa)

HAMAS dan Jihad Islam Palestina telah menyatakan “kesediaan untuk secara positif” mencapai kesepakatan untuk mengakhiri perang di Gaza dalam sebuah pernyataan bersama.

Mereka menambahkan telah mengajukan tanggapan mereka terhadap proposal gencatan senjata Gaza kepada mediator Qatar dan Mesir.

“Tanggapan kami memprioritaskan rakyat Palestina dan pengakhiran total serangan yang sedang berlangsung di Gaza,” kata kedua kelompok tersebut.

Baca juga : Pembicaraan Perdamaian Hamas dan Israel Kembali Buntu

Tuntutan Hamas untuk penarikan penuh dari Gaza dinilai mantan negosiator Israel, Daniel Levy, bukanlah hal baru

Daniel Levy mengatakan “tuntutan ini untuk penarikan penuh bukanlah hal baru. Itu ada dalam dokumen, ada dalam proposal, bahkan ada dalam resolusi PBB. Ini adalah bagian dari setiap kesepakatan.”

“Pertanyaan yang diajukan adalah komitmen seperti apa yang Anda sebagai mediator – yaitu AS – buat terhadap rencana Anda sendiri dalam semua tahapannya. Karena yang menghalangi terobosan adalah apakah ini benar-benar gencatan senjata atau ini adalah jeda sementara yang diikuti oleh lebih banyak kematian, kengerian, dan kehancuran,” katanya kepada Al Jazeera.

Baca juga : Netanyahu Setuju Perundingan lagi, Lima Warga Gaza Tewas dalam Bantuan Makanan

Levy mengatakan jawaban Israel sudah jelas: perang akan berlanjut – bahkan saat AS mengatakan sebaliknya. “Itulah pertanyaan yang tidak hanya diajukan oleh Hamas dan Jihad Islam, tetapi seluruh dunia juga menanyakannya.”

Mesir dan Qatar mengonfirmasi telah menerima tanggapan dari Hamas mengenai kesepakatan gencatan senjata, menurut sebuah posting di Facebook oleh Kementerian Luar Negeri Mesir.

“Kedua belah pihak mengonfirmasi bahwa upaya mediasi bersama mereka dengan Amerika Serikat akan terus berlanjut hingga tercapai kesepakatan, karena para mediator akan mempelajari tanggapan tersebut dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait mengenai langkah selanjutnya,” bunyi pernyataan mereka di Facebook juga.

Baca juga : Pejabat Hamas Ungkap Belum Ada Kesepakatan Gencatan Senjata di Gaza

Senada, AS telah menerima tanggapan formal Hamas terhadap proposal gencatan senjata Gaza yang didukung PBB yang dikirimkan kepada mediator Qatar dan Mesir, kata juru bicara Gedung Putih John Kirby.

Kirby mengatakan penting untuk mendapatkan tanggapan dari Hamas dan bahwa pejabat AS saat ini sedang mengevaluasinya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan pemungutan suara Dewan Keamanan PBB yang mendukung rencana gencatan senjata Gaza menjadikannya “sejelas mungkin” bahwa dunia mendukung proposal tersebut. (Al Jazeera/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat